BPBD Provinsi Bengkulu Sosialisasi Penyuluhan Bencana Alam Di SMK Negeri 02 Kabupaten Bengkulu Tengah

Bengkulu, Sentralnews.com – Bencana alam dapat terjadi kapan dan dimana saja. Sebagai bentuk kepedulian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu berkerjasama dengan Sekolah/Madrasa melakukan Sosialisasi Penanggulangan Bencana di SMk Negeri 02 Kabupaten Bengkulu Tengah Senin 19/09/2022.

Kegiatan sosialisasi ini didamping langsung oleh Kepala Sekolah SMK 02 Negeri Kabupaten Bengkulu Tengah.Dalam sambutan nya.Edi Rusman jaya .SPD.mpd. menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut, dan tak lupa mengingatkan kepada siswa yang ikut agar memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh pihak BPDB tentang hal ihwal penanggulangan bencana yang bukan tidak mungkin terjadi di lingkungan kita.

Sebagai pendahuluan Kepala Dinas BPBD ,Jaduliwan,S.E.M,M,menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah bagian dari Sistem Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang pasal 32 ayat 2. Pada penanggulangan bencana ada fase-fase yang dilakukan yaitu tanggap darurat, rehabilitasi, rekonstruksi, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini, terangnya.

Kadis BPBD juga menambah tentang bencana alam yang sangat akrab di lingkungan sekitar, seperti banjir, gempa kecil, dan tidak lupa menjelaskan tentang bencana alam seperti tsunami. Selain itu, disampaikan pula upaya-upaya yang dapat dilakukan ketika bencana alam seperti gempa di sekolah, maka siswa dapat melakukan upaya penyelamatan dengan beberapa cara. Jangan panik, berlindungan di bawah meja, berada di sudut ruangan dan melindungi kepala. Selain penyelamatan dari bencana, Untuk tahap selanjutnya kita akan mengadakan simulasi langsung, tutup Kadis BPBD.(ADV)

Terbitan 10/12/2022