Dico M. Ganinduto: Kartu Indentitas Anak Memiliki Peran Penting

Kendal,SentralNews.com – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) memberikan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di tempat Wisata Tirto Arum Baru, Senin (19/12/2022).

Sementara selain memberikan layanan administrasi kependudukan bagi anak, Dispendukcapil juga memberikan Kartu Identitas Anak(KIAN) yang diberikan secara simbolis oleh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, program pemberian kartu identitas anak mudah- mudahan bisa menjadi salah satu program pemerintah pusat melalui kabupaten.

“Harapan besar tentu pemerintah pusat bisa memberikan identitas kepada anak- anak kita dan mudah- mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik dan tujuannya tentu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Kendal,” jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Pada kesempatan itu Dico M. Ganinduto turut menyampaikan pesan kepada para orang tua, bahwa minat dan bakat yang dimiliki seorang anak untuk dapat didukung, karena pemerintah daerah sekarang fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Ratna Mustika Ningsih mengatakan, jika Dispendukcapil memiliki target 40 persen dalam pencatatan.

“Target Dispendukcapil Kabupaten Kendal, saat ini sebesar 40 persen dari anak- anak yang terdaftar di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Kendal,”ujar Ratna Mustika Ningsih.

Menurut Ratna, nomor induk anak ini sangat penting karena digunakan sampai anak berusia 17 tahun, dan kemudian baru diganti KTP dengan nomor yang sama.

Sampai saat ini, sudah terdaftar sebanyak 644 anak dan telah kami cetakan KTP dan kartu identitasnya,”ucap Ratna.

Ratna berharap, semua penduduk bisa terdata di Dispendukcapil agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi baik melalui medsos, web, kerjasama dengan Disdik Kabupaten Kendal, jemput bola serta kolaborasi dengan sejumlah pihak, agar pendataan penduduk ini bisa tuntas.

Doni Kurniawan