Memanfaatkan Teknologi dan Media Sosial Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Opini : Ferry Sandria, S.I.Kom Mahasiswa Magister (S2) Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Bengkulu

Bengkulu, Sentralnews.com – Disaat semua orang hanya fokus membahas dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, disini saya mulai merasa resah. Pada hakikatnya, dampak negatif tersebut muncul sebagai akibat dari penggunaan yang salah atau tidak bertanggung jawab dari yang menggunakan. Dari pada kita disibukkan dengan hal-hal yang mengerikan, lebih baik kita fokus bagaimana caranya bisa memanfatkan teknologi dan media sosial sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kenapa saya bilang penghasilan tambahan ? bagi kita yang tinggal di daerah jauh dari ibu kota butuh perjuangan yang ekstra untuk bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan utama. Namun bukan tidak mungkin hal itu terjadi, intinya paling tidak kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Sampai saat ini perkembangan ilmu pengetahuan telah menghantarkan masyarakat menuju babak baru. Teknologi informasi tidak lepas dari dunia maya alias internet. Internet bagian dari kehidupan tidak bisa dihindari, internet akan terus mengglobal dan berkembang, sulit rasanya menjadi bagian dunia di masa depan jika kita tidak ikut memanfaatkannya. Komputer, smartphone ada di mana-mana, semakin portable dan mobile.

Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Internet akan mengandung informasi yang berlimpah. Kita dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Robot-robot cerdas hadir untuk melayani seluruh kebutuhan kita.

Tak hanya itu, di zaman sekarang berbisnis atau membangun usaha juga dapat dilakukan secara online karena dengan seiring perkembangan teknologi semua kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah, efisien dan efektif. Tak hanya onlineshop, para konten kreator yang memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah karya yang kreatif seperti membuat sebuah video yang kemudian mengunggahnya kedalam aplikasi media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Tik Tok, Snack Video dan media sosial lainnya.

Selain itu, jika kita benar-benar serius mempelajari keahlian memanfaatkan teknologi, kita juga bisa bekerja di industri kreatif. Terlebih saat ini hamper setiap perusahaan, instansi pemerintah, dan Lembaga-lembaga lainnya sedang membutuhkan tenaga publikasi untuk menghendel publikasi internalnya. Kita bisa mendesain layer, fotografi, videografi termasuk editing foto dan video hanya dengan menggunakan HP android. Tidak ada lagi alasan kita saat ini untuk berdiam diri dengan keadaan. Jika boleh berandai-andai, jika setiap individu memiliki pemahaman, dibekali pelatihan terkait pemanfaatan media sosial, mungkin kata “pengangguran” akan mulai terasa asing ditelinga kita.

Tentu semua itu memiliki tantangan tersendiri, untuk bisa benar-benar memanfaatkan perkembangan teknologi dan media sosial saat ini butuh komitmen dan konsistensi untuk mempelajarinya. Kita juga bisa belajar secara otodidak, di google dan youtube begitu banyak tutorial yang akan menjelaskan tentang apa yang kita ingin pelajari. Melalui tulisan ini, saya mengajak kita semua untuk lebih produktif memanfaatkan teknologi, media sosial yang berkembang, terlebih dengan gadget android yang kita pegang saat ini. Dari pada waktu kita berjam-jam dihabiskan dengan scroll-scroll media sosial lebih baik kita memulai Langkah untuk mencari penghasilan melalui teknologi yang kita nikmati saat ini.

Terakhir, saat ini ada banyak fenomena anak balita dan batita yang sudah ketergantungan dengan HP android milik orang tuanya. Tidak bisa jika kita hanya menyalahkan teknologi yang ada saat ini, dengan dalih bahwa gara-gara android anaknya jadi kecanduan, tidak sedikit orang tua memberikan hp andorid agar anaknya tidak rewel. Dan ada juga yang menyalahkan perkembangan teknologi saat ini menyebabkan anaknya susah bersosialisasi bergaul dengan teman-temannya. Padahal semua terjadi karena pola asuh yang salah bukan pada teknologinya, Maka dari itu peran orang tua juga sangat penting, agar anak-anak nantinya bisa mengenal teknologi dan bisa memanfaatkan menjadi suatu keahlian bagi anaknya tersebut. Terimakasih.