Pemerintah Kendal Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2022

Kendal, SentralNews.Com–  Pemerintah Kabupaten Kendal memperingai Hari Anti korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022 di Pendopo Tumenggung Bahurekso dengan dihadiri para Kepala OPD, Camat, Paguyuban Kepala Desa dan BPD serta perwakilan masyarakat, Sabtu (10/12/2022).

Untuk Hakordia tahun 2022 mengambil tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi”. Melalui tema tersebut, KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi. Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di Negeri tanpa terkecuali.

Sekretaris Daerah Kendal Sugiono dalam laporannya menyampaikan jika Hari Anti Korupsi Sedunia adalah sebuah kampanye global yang diperingati pada tanggal 9 Desember setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran publik agar bersikap anti korupsi.

“Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Pemberantasan korupsi tidak bisa hanya berhenti di lembaga hukum saja, namun perlu adanya partisipasi aktif dan peran serta masyarakat pada gerakan antikorupsi,” jelas Sekda Kendal.

Adapun pada kesempatan itu Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menyampaikan bahwa MCP Kabupaten Kendal tahun depan harus mampu mencapai 92 persen, dan saat ini Kabupaten Kendal masih berada di peringkat 33 dengan MCP 82,01 persen.

“Dengan nilai 82,01 persen dari yang kita targetkan di bulan Januari besok setidaknya menjadi 92 persen dan saya tidak akan mengulang lagi, ini yang terakhir sudah jauh ada kebaikan tapi target kita minimal 92 dan ini masih ada bulan Januari, saya berharap ini bisa benar-benar di selesaikan dan dikerjakan dengan serius dan dijadikan prioritas,” ujar Bupati Kendal kepada para jajarannya.

Hal lain yang menjadi perhatian Bupati Kendal adalah apresiasi kepada para ASN Kendal, hal lantaran Pemerintah Daerah Kembali menerima predikat WTP dari BPK dan hal ini menjadikan yang ke enam kali berturut – turut diperoleh Kabupaten Kendal.

“Dengan mendapatkan WTP dari BPK insyaallah tidak ada kerugian negara dalam menjalankan program-program yang ada di pemerintahan Kabupaten Kendal,” imbuh Dico M. Ganinduto.

Sementara pada peringatan HARKODIA turut diberikan penghargaan kepada para pelajar mulai dari SMP hingga tingkat SMA, terkait lomba Vlog dengan tema Anti Korupsi.

Kemudian sebagai pengisi materi tentang pemahaman pelanggaran Korupsi dan beberapa peraturan perundang – undangan diisi oleh Kejari Kendal Erny Veronica Maramba.

Doni kurniawan