Lantik 351 PPS Sekabupaten Kepahiang, Wakil Bupati Kepahiang Minta Kinerja Selalu Menjaga Amanah dan Bekerja Sebaik Mungkin

Kepahiang, SentralNews.com –  KPU Kabupaten Kepahiang melantik 351 PPS Se-Kabupaten Kepahiang. Bertempat di aula guest house pemda Kepahiang, Selasa (24/01/2023). Sebelumnya ratusan PPS ini melakukan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kepahiang Mirzan Hidayat bertempat di halaman guest house pemda Kepahiang.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan ketua KPU Kepahiang, pengambilan sumpah janji, Penandatangan berita acara oleh perwakilan PPS dan Ketua KPU dan pembacaan pakta integritas PPS untuk bertekad melaksanakan Pemilu 2024 secara luber di tingkat desa dan kelurahan secara transparan dan bertanggung jawab.

Ditekankan ketua KPU Kepahiang Mirzan Hidayat anggota PPS yang dilantik hari ini merupakan orang-orang pilihan berdasarkan seleksi CAT dan wawancara. Mirzan juga menyampaikan kepada PPS agar melek teknologi informasi. Dikarenakan kedepan para PPS akan berhadapan dengan beberapa aplikasi pendukung penyelenggaraan pemilu 2024.

“Disini saya tekankan bahwa anggota PPS harus melek dan paham teknologi informasi. Kita tidak lagi berhadapan dengan kertas yang “seabrek” namun nanti akan ada aplikasi pendukung dalam pelaksanaan pemilu,” ungkap Mirzan.

Diungkapkan Mirzan, anggota PPS ini akan mulai bekerja terhitung mulai tanggal pelantikan sampai dengan April 2024. Namun, tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan evaluasi disetiap triwulan.

“Kalian para anggota PPS ini mulai bekerja sejak saat ini setelah pelantikan sampai dengan bulan April 2023 atau 2 bulan setelah pelaksanaan pemilu 2024. Oleh karena itu bekerjalah yang baik sesuai dengan tugas dan fungsi kalian sebagai PPS. Apabila ada yang menyimpang bukan tidak mungkin akan kita evaluasi setiap triwulan,” tegas Mirzan.

Sementara itu, wakil bupati menyampaikan kinerja PPS yang dilantik saat ini akan menjadi salah satu indikator kualitas pemilu di Indonesia terkhusus di Kabupaten Kepahiang. Oleh karena itu, wakil bupati berpesan kepada PPS yang dilantik agar menjaga amanah yang diberikan dan dapat bekerja dengan sebaik mungkin.

“Kinerja PPS juga menentukan kualitas pemilu 2024 mendatang oleh karena itu PPS harus tahu tugas nya. Jaga netralitas dan independensi. Selalu update informasi terbaru terkait pemilu. Jalin koordinasi baik bersama PPK, serta stakeholder lain,” pesan wabup.

Terakhir wakil bupati menyampaikan apresiasi kepada komisioner KPU beserta jajarannya yang telah sukses menyelenggarakan seleksi anggota PPS.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komisioner KPU yang telah melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilu terutama pada seleksi PPK, pelantikan PPK, seleksi PPS dan hari ini pelantikan PPS kabupaten Kepahiang,” pungkas Wabup.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, Waka II DPRD Kepahiang Haryanto, Forkopimda, Bawaslu Kepahiang, serta Camat Se-Kabupaten Kepahiang.(adv)