Festival Durian Kebongembong Pageruyung Kabupaten Kendal

KendalJateng,SentralNews.com – Pemerintah Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar event berupa Festival Durian Lokal, Minggu (29/1/2023), di lapangan desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Kebongembong, M Fahrurozi As’ary, mengatakan bahwa Festival Durian di desanya merupakan penyelenggaraan untuk kali pertama yang bertujuan untuk menunjukkan bahwasanya desa Kebongembong memiliki potensi besar sebagai desa penghasil buah durian.

“Hampir setiap warga Desa Kebongembong memiliki tanaman durian. Maka dengan diadakannya festival kali ini tentunya akan mampu mengangkat keunggulan durian Desa Kebongembong ini”, kata Fahrurozi.

Lebih lanjut Fahrurozi menyampaikan bahwa Desa Kebongembong telah menanam durian jenis pelangi sejak tiga tahun lalu dan akan dibudidayakan ke beberapa kelompok tani.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, yang juga hadir menyaksikan langsung Festival Durian tersebut, memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Desa Kebongembong.

“Kegiatan ini tentunya sangat baik dan positif. Semoga saja Durian Desa Kebongembong bisa menjadi potensi perekonomian bagi warga setempat. Selanjutnya mungkin bisa dikembangkan lagi UMKM yang berbasis buah Durian. Saya menemukan baru satu orang pelaku UMKM yang memproduksi Dodol Durian”, pungkas Dico.

Doni Kurniawan