Pemerintah Kabupaten Kendal Bersihkan Sampah di Kali Masjid Agung

Kendal,SentralNews.Com –  Pemerintah Kabupaten Kendal bersihkan sampah di Kali Masjid Agung Kendal, Kamis (5/1/2023). Tumpukan sampah di kali tersebut akibat banjir yang terjadi beberapa hari lalu di wilayah Kabupaten Kendal.

Sebelumnya acara diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, MT., dan dihadiri oleh Kepala DPUPR Kendal, Sudaryanto, Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab, Camat Kendal, Asiati Rosyada, dan diikuti oleh 100 orang petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, DPUR, Pusdataru Provinsi Jawa Tengah dan perwakilan pemuda Masjid Agung Kendal.

Sekda Kendal, Sugiono mengatakan, paska terjadinya banjir beberapa hari lalu di wilayah Kabupaten Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal langsung bergerak membersihkan sampah di Kali yang melintasi gorong-gorong masjid Agung Kendal. Hal itu dilakukan agar tidak menyumbat aliran air, sehingga tetap bisa berjalan dengan lancar.

Ia juga mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sebelumnya sudah sering dilakukan, namun paska banjir pastinya banyak membawa sampah, sehingga harus dibersihkan.

“Bajir ini kan membawa banyak sampah, jadi harus segera dibersihkan, agar tidak mengendap dan menyumbat gorong-gorong areal masjid Agung Kendal,” tutur Sekda Kendal.

Menurut Sekda Kendal, terlihat banyak sampah di area Kali Masjid Agung Kendal, seperti plastik, ranting pohon, dan terlihat adanya kasur yang terapung. Maka, Sekda Sugiono juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan untuk meminimalisir terjadinya banjir.

Sementara itu, perwakilan dari Bidang Cipta Karya DPUPR Kendal, Hasyim mengatakan, hari ini bekerja sama dengan dinas lain membersikah sampah paska banjir di Kali Masjid Agung Kendal. Adapun alat yang digunakan untuk pengangkut sampah, yaitu satu unit dumtruk.

Doni Kurniawan