Walikota Resmikan Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal dan Kawasan Kuliner Datu Adil

Kaltara, sentralnews.com – Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes di dampingi Wakilnya Effendhi Djuprianto berserta kepala OPD pada hari Jumat 17 Februari 2023 secara resmi di buka atau Launching untuk Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal dan Kawasan kuliner yang terletak di samping stadion Datu Adil Kota Tarakan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes saat membuka atau Launching untuk Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal, bahwa hari ini Jumat 17 Februari 2023 resmi di buka untuk umum, jadi masyarakat tidak terlalu lama menunggu, dan selalu di tanya kapan dibuka, berapa biaya masuk, maka pada hari ini kita buka dengan sekali masuk satu orang Rp.10.000, dan karena perdanya belum keluar jadi pakai perwali, ujar Khairul.

Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal memiliki panjang kurang lebih 2,2 Km sampai saat ini sedang proses pembangunan tahap II. “Ratu Intan ini merupakan nama raja Kerajaan Tidung di Kota Tarakan pada jaman dahulu itu yang kita dapati informasinya dari masyarakat adat dan budaya suku Tidung.

Kemudian nanti kita akan buatkan patung replikannya Ratu Intan dan kita juga buatkan dengan sejarah Ratu Intan itu siapa,” kata Khairul di hadapan para undangan yang terdiri dari tokoh masyarakat, unsur Perangkat Daerah, dan para mitra kerja.

Saat ini, terdapat puluhan tempat kuliner, kendaraan listrik, banana boat, dan berbagai spot menarik di samping hamparan suasana alam pantai amal, “fasilitas ini akan terus dikembangkan,” ujar Wali Kota.

Kawasan wisata tematik, fasilitas hiburan, dan juga berbagai fasilitas yang kemudian akan ditawarkan kepada para mitra untuk dikembangkan, “Destinasi baru kini sudah ada di Tarakan, mari kita jaga dan kita ramaikan,” ajak Wali Kota.

Dihari yang sama juga Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes di dampingi Wakilnya Effendhi Djuprianto berserta kepala OPD pada hari Jumat 17 Februari 2023, juga membuka / Launching Kawasan Kuliner yang berlokasi di Kompleks Stadion Daru Adil Kota Tarakan dengan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota, dr. H. Khairul, M.Kes.

Di kawasan ini akan menjadi pusat aktivitas warga dalam berolahraga, dna disediakan 17 rombong dan 56 los yang terbuka untuk dimanfaatkan pelaku usaha kuliner untuk berjualan. Wali Kota berharap, kawasan ini dapat menjadi kawasan kuliner yang ramai sebagaimana beberapa kawasan kuliner yang telah disiapkan oleh Pemkot Tarakan.

Ia berpesan agar kawasan ini dapat dikelola dengan baik, jaga kerbersihannya dan diisi dengan berbagai kegiatan agar dapat semakin menarik perhatian warga, “Kawasan kuliner ini sangat strategis, Insya Allah jualannya laris manis,” ujar Wali Kota mendoakan.

Lanjut Walikota mengatakan, ini merupakan upaya memulihan perekonomian warga dengan menyelenggarakan Kawasan Wisata Kuliner di Kota Tarakan, saya sangat mengapresiasi atas prakarsa dan upaya yang telah dilakukan untuk terus membangun sistem penguatan ekonomi yang baik dan UKM.

Menurutnya, kesadaran masyarakat mulai terbangun bahwa ekonomi mikro memiliki kekuatan dan tidak pernah terpengaruh goncangan ekonomi global.

“Hari ini kita launching Kawasan Kuliner. Terima kasih atas peran bapak dan ibu. Pasti kita bisa, ayo kita kuasai ekonomi kita dengan penguatan perekonomian kerakyatan. Ketika ekonomi rakyat kita kuat, yakinlah kita akan makmur. Tolong publikasikan ke berbagai media agar lebih banyak orang yang datang.

Lanjutnya, Walikota Tarakan Dalam sambutannya, Hadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tarakan saat ini mendorong terwujudnya Tarakan Kota Maju dan Sejahtera Melaui Smart City, Serta meningkatkan UMKM dengan mencoba menertibkan pedagang-pedagang yang memiliki kondisi kurang ideal, sehingga kawasan- kawasan seperti ini bisa terbangun di tempat lainnya di wilayah kota Tarakan.

Pembukaan Kawasan Kuliner ini secara simbolis dilakukan dengan pemotongan pita. Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes di dampingi Wakilnya Effendhi Djuprianto berserta kepala OPD berserta para bapak dan ibu pedagang. (Aspian).