Gubernur Kaltara Lantik Pimpinan IKKB Kaltara dan IKKB Tarakan 2023-2028

TARAKAN,SentralNews.Com – Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang S.h, M.Hum menghadir sekaligus melantik Pengurus Pimpinan Daerah Ikatan Kerukunan Keluarga Berau (IKKB) Kalimantan Utara (Kaltara) yang di ketuai oleh Dr. Bustan S.E, M.Si, Pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Berau (IKKB) Kota Tarakan di Ketua oleh Adi Nata Kusuma dan Perkumpulan Pemuda Berau Kalimantan Utara (PRABUKU) di Ketua oleh Safri Husin, S. Sos masa bakti 2023-2028, di Convention Hall Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara di Tarakan pada hari Minggu (12/2/2023).

Turut hadir dalam pelantikan pengurus yaitu tokoh masyarakat dari Kabupaten Berau diantaranya Drs. H. Makmur H.A.P.K, M.M Mantan Bupati Berau dua periode dan Wakilnya H. Ahmad Rifai, ST. MM sekarang sebagai Wakil Ketua II DPRD Berau, Sekretaris Dewan DPRD Berau H. Abdurrahman, U, Asisten III Setda Berau Maulidiyah dan sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Berau, Kesultanan Gunung Tabur dan Sambaliung, Kesultanan Bulungan dan hadir juga warga Berau dari Tarakan yang juga ikut di lantik, Asisten Bid Pemerintahan Kesejahteraan Pemkot Tarakan pak Tarmizi, Kepala OPD Tarakan, anggota DPRD Kota Tarakan tokoh para ormas dan masyarakat kota Tarakan serta para undangan.

Usai melantik pengurus, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang S.h, M.Hum sebagai Gubernur Kalimantan Utara mengatakan sangat mengapresiasi dilaksanakannya pelantikan IKKB Kaltara, IKKB Tarakan dan Prabuku.
Gubernur Kaltara juga mengucapkan selamat datang para tokoh Berau yang hadir di Tarakan Kalimantan Utara, “Atas nama pribadi dan Pemprov, saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dipantik pada hari ini. Semoga semua pengurus dapat menjalankan amanah kepengurusan sesuai porsinya dan juga ikut andil dalam pembangunan di provinsi yang kita cintai ini,” ungkap Zainal A. Paliwang.

H. Zainal Arifin Paliwang S.h, M.Hum Gubernur Kaltara menjelaskan di Tarakan – Kaltara suksesnya pelantikan IKKB Kaltara dan IKKB Tarakan menandakan cukup banyak warga berau yang memiliki julukan Bumi Batiwakkal ada di Kaltara.
Gubernur Kaltara mengatakan bahwa IKKB merupakan Perkumpulan Pemuda Berau Kalimantan Utara (Prabuku), dan saya berharap kita semua bersinergi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sebab keberhasilan pembangunan tampa dukungan semua pihak tidak akan berhasil, jadi harus berkolaborasi dalam mempercepat pembangunan ungkapnya.

Dan “Organisasi ini menjadi wadah untuk bersilaturahmi, bekerja sama dan saling menolong sesama anggotanya, serta Gubernur juga berpesan agar IKKB Kaltara juga ikut berperan mewujudkan visi misi pemerintah, jelasnya.

Sementara Ketua IKKB Kaltara terpilih, Dr. Bustan S.E, M.Si sangat berterimaksih kepada Gubernur Kaltara H. Zainal Arifin Paliwang S.h, M.Hum, serta dukungannya hingga terlaksananya acara pelantikan IKKB kaltara dan Tarakan.

Saya juga “Terima kasih atas ke hadirannya tokoh masyarakat Berau yang juga Dewan Penasihat IKKB Kaltara, H. Makmur H.A.P.K, Bupati Berau, Sultan Sambaliung dan Sultan Gunung Tabur, keluarga Kesultanan Bulungan serta dukungan dari pihaknya.

Ketua IKKB Kaltara terpilih, Dr. Bustan S.E, M.Si menjelaskan tujuan dibentuknya IKKB Kaltara adalah untuk menjalin silaturahmi antara warga Banua yang ada di perantauan, selain itu “Tujuan daripada membentuk organisasi ini adalah supaya terjalin silaturahmi antara warga Berau yang ada di perantuan,” ujar Bustan.

Lanjutnya, Bustam menjelaskan bahwa IKKB sudah lama hadir di Kaltara. Diawali dengan terbentuknya IKKB Tarakan pada 2016. Seiring terbentuknya provinsi Kaltara, dicetuskanlah rencana membentuk IKKB Kaltara oleh tokoh masyarakat Berau, di mana ia diminta memimpin IKKB Kaltara. Namun baru ditindaklanjuti saat ini.

Ke depan, pihaknya juga berupaya membentuk IKKB di kabupaten lain untuk melengkapi struktur organisasi hingga ke tingkat bawah. Saat ini yang baru terbentuk adalah IKKB Tarakan, unkap Bustam (Aspian).