KPU Kota Tarakan Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa

Nasruddin, S.Kom,. M,Ikom Ketua KPU Kota Tarakan saat membacakan Naskah Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Kota Tarakan, sentralnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan mengelar Kirab Pemilu 2024 Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara, dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, di Kantor KPU Kota Tarakan Jalan, Sei Sesayap Tarakan Timur, Minggu (19/02/2023).

Herry Fitrian Armandita, S.Pd. Anggota KPU Kota Tarakan Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisifasi Masyarakat dan SDM dalam sambutannya untuk laporan tim pengawal Kirab Pemilu 2024, mengatakan dalam peluncuran kirab Pemilu 2024 ini, KPU Pusat ingin menekankan soal kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan partisipasi aktif dari masyarakat. Tahapan Pemilu 2024 sudah mulai berjalan sejak tahun 2022, diawali dengan pendaftaran partai politik (Parpol) peserta Pemilu.

Herry Fitrian Armandita, S.Pd. juga menjelaskan Kirab Pemilu 2024 pada hari ini akan berkeliling di seluruh Indonesia yang di mulai sejak tanggal 15 februari 2024, dan untuk Tarakan berada di zona 3 (tiga) dimulai titik awal Kota Tanjung Selor diserahkan kepada Kabupaten Bulungan, dan sekarang Kirab Pemilu 2024 di serahkan ke KPU Tarakan dan akan berkeliling di Kota Tarakan.

Sementara Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin, S.Kom,. M,Ikom menghimbau agar masyarakat mendukung penyelenggaraan Pemilu dengan melawan hoax, hate speech, dan polarisasi. Sebab, pelaksanaan Pemilu tidak semata soal kontestasi namun menjadi penentu Indonesia dimasa mendatang.

Hal itu sesuai dengan tema Kirab Pemilu 2024 yaitu Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa. Masyarakat juga diminta berperan aktif dalam mendukung tahapan Pemilu, seperti yang saat ini berjalan yaitu verifikasi faktual data pendukung bakal calon DPD serta pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Kegiatan peluncuran Kirab Pemilu 2024 bertujuan menyosialisasikan dan mengenalkan partai politik peserta Pemilu 2024 seluas-luasnya kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat mengenal partai politik peserta Pemilu,” ungkapnya saat memberikan sambutan di acara peluncuran Kirab Pemilu 2024. (AS)