SMA Negeri 1 Berbek Bersama Dukcapil Kabupaten Nganjuk, Siswa – Siswi Usia 17 Tahun Wajib Mempunyai KTP Digital

Nganjuk, Sentralnews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk di awal tahun 2023 ini langsung tancap gas dengan melakukan inovasi baru dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui program ” Jebol Gawang Adminduk, saat ini diselenggarakan bertempat di Aula SMAN 1 Berbek , Desa Pogalan , Kecamatan Berbek , Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Rabu ( 08/03/2023).

Acara yang di hadiri Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Nganjuk Gatut Sugiarto beserta Tim, Siswa-siswi SMAN 1 Berbek dan Guru beserta staf

Didik S selaku petugas Dukcapil menjelaskan bahwa, Contoh kegiatan hari ini Rabu tanggal tanggal 8 ya itu ada kegiatan yang pertama itu perekaman KTP elektronik bagi siswa-siswi SMK Negeri SMA Negeri 1 Berbek yang belum mempunyai KTP atau belum pernah melakukan perekaman KTP maka akan dilakukan perekaman di SMA di tempatnya di aula Kemudian yang kedua kegiatan kedua itu adalah penerapan identitas kependudukan kita dalam arti adalah pembuatan KTP digital itu dengan syarat telah memiliki KTP elektronik atau belum memiliki KTP elektronik tetapi sudah melakukan perekaman itu dibuatkan KTP digital.

Tujuan dibuatkan di KTP digital itu untuk mempermudah dalam pelayanan digital suatu saat misalkan kita di kereta api biasanya kan untuk menunjukkan KTP fisik , Sekarang kita tidak perlu merogoh dompet untuk KTP fisiknya cukup KTP digital di tunjukan di Handphone Android,” Ucapnya .

Jebol Gawang Adminduk ini menyasar semua penduduk atau warga khususnya Kabupaten Nganjuk yang sudah memiliki KTP elektronik dan belum memiliki KTP akan dibuatkan KTP kita tujuannya nanti kedepannya KTP fisik itu semakin hari semakin berkurang jadi nanti yang diperlukan adalah KTP Elektronik,” Ujar Didik S.

Sementara itu pihak sekolah melalui Dyah disela-sela acara mengatakan bahwa pihak sekolah sangat terbantu dengan adanya program jemput bola tersebut.

“Terima kasih kepada Dukcapil, dengan adanya program ini anak-anak kami terbantu untuk mengurus adminduk dan tidak perlu ijin sekolah,” ujarnya didampingi Humas SMAN 1 Berbek.

Dyah menambahkan bahwa untuk acara hari ini hanya diikuti oleh siswa kelas XII saja, dikarenakan sedang THB,” Pungkas Dyah .

( BW )