Laksanakan Program BHPN Mengasuh, Kanwil Kemenkumham Kerja Sama Dengan LBH Kondosapata’ Melaksanakan Penyuluhan Hukum Di SMK Talenta

Mamasa,Sentralnews.com – Kanwil Kemenkumham Kerja Sama Dengan LBH Kondosapata’ Melaksanakan Penyuluhan Hukum Di SMK Talenta.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Mengasuh yang digagas oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yosanna H. Laoly melalui BPHN.

Hal ini sebagai bentuk keprihatinan maraknya kasus kenakalan dikalangan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang mengarah pada tidak pidana, karena kurangnya tingkat pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dikalangan pelajar tersebut.

Kepala sub bidang penyuluhan hukum bantuan hukum dan jaringan dokumentasi informasi hukum Sulawesi barat (Sul-Bar) Mardiana menjelaskan

Kegiatan ini bentuk kepedulian kementrian hukum dan HAM terhadap remaja atau generasi penerus bangsa yang saat ini sudah banyak terlibat tindak pidana dikalangan pelajar

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian Kementerian hukum dan HAM khususnya BPHN dengan melihat maraknya tindak pidana yg terjadi dikalangan remaja yg masih berstatus sebagai pelajar atau siswa,” kata Mardiana kepada sentralnews.com, Selasa (28/3/2023).

Lebih lanjut maraknya tindak pidana yang terjadi dikalangan pelajar atau Anak Berbenturan Hukum (ABH), baik sebagai pelaku maupun sebagai korban nyaris menjadi konsumsi rutin yang menghiasi pemberitaan baik cetak maupun elektronik serta media online.

“Kita berharap dengan adanya program BPHN mengasuh bekerja sama dengan LBH terakreditasi dengan Kemenkumham melalui pemberian penyululuhan hukum serentak di seluruh Indonesia yg dimulai sejak tanggal 20 maret 2023 s.d 14 April 2023 dapat memberikan pemahaman hukum kepada para pelajar atau siswa, ” Tutur mardiana

“Kegiatan ini juga akan terus dilaksanakan ileh para tim penyuluh hukum yg ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat tentunya melibatkan jg para PBH ( Pemberi Bantuan Hukum ),” tandasnya.

Lembaga Bantuan Hukum Kondosaoata’ sebagai salah satu organisasi bantuan hukum yang telah terverifikasi/akreditasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerjasama dengan Kemenkumham RI melalui Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Barat, ikut serta dalam Program BPHN Mengasuh yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia.

LBH Kondosaoata’ melaksanakan kegiatan tersebut BPHN Mengasuh di SMK Talenta yang berlokasi di JL. Rantekatoan, Osango, Kec. Mamasa, Kab. Mamasa Prov. Sulawesi barat.

Dengan Tema Mencegah kenakalan dan kriminalitas anak dengan memahami nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta siswa dengan 2 pemateri dari LBH kondisaoata.

Lokasi ini merupakan lokasi pertama yang menjadi titik pelaksanaan kegiatan, Program BHPN Mengasuh, Kanwil Kemenkumham Kerja Sama Dengan LBH Kondosapata’ Melaksanakan Penyuluhan Hukum.(skr)