Rembuk Stunting Aksi Percepatan dan Penurunan

TANA TIDUNG, sentralnews.com – Sebagai komitmen dalam melakukan percepatan pencegahan dan penurunan stunting maka Pemerintah Kabupaten Tana Tidung mengelar Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tana Tidung Tahun 2023 yang dilaksanakan di Pendopo Djaparuddin Pada hari Rabu.(8/3/2023).

Tujuan dari Rembuk Stunting ini adalah dokumen hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi, deklarasi komitmen Pemkab Tana Tidung dan komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi.

Hadiri dalam acara tersebut Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali dan Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik, serta Dandim 0914/TNT, Kapolres Tana Tidung Kepala OPD,Kepala Desa SE Kabupaten Tana Tidung, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Tidung, Pimpinan Perusahaan Se-kabupaten Tana Tidung, Seluruh Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Tana Tidung.

Acara Rembuk Stunting ini dibuka oleh Bapak Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, Dalam arahannya Bupati menyampaikan bahwa generasi penerus bangsa harus sehat, cerdas, kreatif, dan produktif. Jika anak-anak terlahir sehat tumbuh dengan baik dan didukung oleh pendidikan yang berkualitas maka mereka akan menjadi generasi yang menunjang kesuksesan pembangunan bangsa.

Sebaliknya jika anak-anak terlahir dan tumbuh dalam situasi kekurangan gizi kronis, mereka akan menjadi Anak Kerdil atau dengan istilah Anak Stunting, tidak hanya Mengenal Tentang Pertumbuhan Anak yang Terhambat, Namun juga Berkaitan dengan Perkembangan Otak yang Kurang Maksimal, Hal ini Menyebabkan Kemampuan Mental dan Belajar yang dibawah Rata-rata, dan Bisa Berakibat Pada Prestasi Sekolah yang Buruk.

Beberapa Kecamatan dan Desa di Kabupaten Tana Tidung Telah Mengalami Penurunan Indeks Persepsi Komulatif Stunting. Namun Kami Terus Berupaya Menekan Penurunan Stunting di Beberapa Desa yang Masih Berdampak Stunting.

Bupati Tana Tidung Berpesan Kepada Seluruh Pihak Untuk Terus Mengoptimalkan Delapan Aksi dalam Menurunkan Indeks Stunting di Kabupaten Tana Tidung yang Terintegrasi dalam Berbagai Strategi Penanganan dan Pencegahan yang Simultan dan Berkelanjutan Demi Terwujudnya Kabupaten Tana Tidung yang Bermartabat, Sejahtera, Indah dan Humanis. (AS)