Pemprov Kaltara Gelar Apel Perdana Sekaligus Halal Bihalal

TANJUNG SELOR, SentralNews.com – Apel perdana usai liburan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Rabu (26/4/2023) pagi di lingkungan Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara), dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum di Lapangan Agatish, Tanjung Selor.

Pada kegiatan Apel pagi ini, berisi aktifitas yakni silaturahmi halal bihalal yang dihadiri seluruh ASN dan non-ASN Pemprov Kaltara. Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang sebagai pembina apel mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi kepada ASN dan non-ASN yang merayakannya.

“Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh ASN dan non-ASN yang merayakan. Semoga kita semua bisa mengawali hari ini dengan lembaran baru yang putih bersih,” tutur Zainal.

Dalam arahannya Zainal mengajak, pada hari pertama kerja ini para ASN dapat bekerja efektif dan optimal dalam melayani masyarakat.
“Mulai hari ini semua ASN harus kembali bekerja optimal. Supaya pelayanan terhadap masyarakat tidak terhambat,” imbuhnya.

Terkait adanya ketidak hadiran sejumlah ASN, Zainal memerintahkan kepada masing-masing OPD/Biro untuk merekap kehadiran ASN yang mengikuti apel perdana masuk kantor pasca lebaran Idulfitri untuk memastikan siapa yang tidak hadir dalam hari pertama masuk kantor.

“Akan ada sanksi tegas bagi ASN yang membolos kerja pada hari pertama masuk setelah cuti bersama, apalagi tanpa keterangan atau bolos,” katanya.

Sementara menjawab pertanyaan banyak pihak terkait informasi pernyataan Presiden Joko Widodo melalui kanal youtube, pada Senin (24/4/2023) yang mengimbau bagi ASN, TNI dan POLRI, serta pegawai BUMN untuk menunda arus balik tanggal 24 dan 25 April 2023, serta mengajukan cuti tambahan menghindari penumpukan massa pada arus balik tidak bagi daerah Kalimantan khususnya Kaltara.

“Pernyataan Presiden itu ditujukan untuk kondisi arus balik daerah Jawa dan Sumatera, khususnya yang dominan menggunakan transportasi darat dan laut. Di Kaltara, arus balik sangat terkendali, tidak ada alasan ASN Pemprov Kaltara untuk menambah cuti,” terang Zainal.

Setelah Apel pagi, tampak antrian panjang, Secara bergantian seluruh ASN berjabat tangan dan bermaaf-maafan dengan orang nomor satu di Kaltara. Terlihat penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan dari seluruh wajah yang hadir dalam acara tersebut, saling sapa, senyum dan bersalam-salaman serta penuh keramahan. (as/dkisp)