Ikuti Jalan Santai dan Pelantikan IPPM, Gubernur Ingatkan Jaga Toleransi

TARAKAN,SentralNews.com– Ribuan orang memadati halaman parkir Pelabuhan Tengkayu II guna mengikuti jalan santai dan pelantikan pengurus Ikatan Persaudaraan Pemuda Makassar (IPPM) Kota Tarakan.

Jalan santai yang merupakan wadah silaturahmi IPPM ini dibuka langsung Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum dan didampingi Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Bustan, SE.,M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Rukhi Syayahdin, S.ST.Pi, serta Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop) Kaltara, Hj. Hasriyani, SH.,MM.

Usai berbaur bersama masyarakat mengikuti jalan santai, dalam sambutannya Zainal Arifin Paliwang berpesan agar momentum pelantikan pengurus IPPM ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi warga Makassar diperantauan.

Melihat eksistensi perantau Makassar cukup diperhitungkan, Gubernur Zainal juga berpesan agar warga Makassar yang ada di Bumi Paguntaka ini dapat berbaur bersama suku-suku yang ada serta turut serta berkontribusi di Bumi Benuanta ini.

“Siapapun anda di mana pun anda berasal, selama anda tinggal di Kalimantan Utara maka anda memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berkontribusi dalam proses pembangunan untuk mewujudkan Kalimantan Utara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera,” ujarnya, Sabtu (29/4/2023).

“Di mana pun kita berada kita tidak boleh lupa pada akar kita berasal. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Artinya kita harus tetap mengingat daerah di mana kita di lahirkan, namun kita juga harus selalu beradaptasi dengan daerah di mana kita berada saat ini. Sehingga toleransi antar suku dan agama khususnya di Tarakan tetap terjaga,” imbuhnya.

Ia yakin, dengan keberagaman suku dan agama di Kaltara, masyarakatnya adalah masyarakat yang cinta damai, menjaga keamanan dan keharmonisan. Adapun Ketua Pengurus IPPM Kota Tarakan masa jabatan lima tahun yakni, Muhammad Syukur. (AS/dkisp)