Travel Indonesia pada Bulan Mei – Berkeliling dengan Bus

Bengkulu, Sentralnews.com – Selepas bulan Ramadan yang jatuh pada bulan Maret hingga April, momentum liburan pun kembali ramai di bulan berikutnya. Bulan Mei adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Maka tak heran jika tiket bus semakin banyak diborong untuk liburan berkeliling Indonesia. Biasanya, mereka mulai pesan tiket bus setelah mendapatkan THR alias tunjangan hari raya.

Travel Indonesia pun tak pernah membosankan untuk dieksplorasi. Melimpahnya kuliner khas daerah untuk dinikmati juga menjadi tujuan penting saat pergi berlibur. Terdiri atas kepulauan, membuat masyarakat Indonesia menyukai berkendara menggunakan transportasi bus yang dapat menghubungkan berbagai destinasi. Selain aksesnya yang mudah, berkelana menggunakan bus juga terkenal akan hematnya harga tiket bus itu sendiri.

Jadi, tunggu apa lagi? Simak ulasan lengkap daftar destinasi travel Indonesia untuk liburan bulan Mei berikut ini!

Berburu Tiket Bus

Menjadi transportasi umum pilihan nomor satu, membuat banyak perusahaan otobus (PO) yang berlomba-lomba dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan armadanya untuk para penumpang. Sejak puluhan tahun lalu, ada banyak sekali pilihan bus yang tersedia di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Sulawesi. Rute-rute yang dilayaninya mencakup antarkota ataupun antarprovinsi. Oleh karena itu, para pelancong semakin dimudahkan untuk mengunjungi berbagai destinasi di Indonesia.

Dimulai dari Pulau Sumatera, beberapa rute favoritnya adalah Aceh-Medan, Medan-Padang, Medan-Palembang, hingga Pekanbaru-Riau. Untuk pesan tiket bus tersedia pilihan PO Putra Pelangi, Kurnia Indah Pusaka, Sempati Star, LORENA, PO SAN, ataupun Yoanda Prima dengan harga tiket bus berkisar antara Rp150.000 hingga Rp280.000.

Di wilayah Jawa dan Bali pun juga tak kalah menariknya dengan menggunakan bus ke berbagai rute populer. Misalnya, Jakarta-Bandung, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Malang, Solo-Semarang, Malang-Surabaya, dan Surabaya-Bali. Tentu saja, terdapat pilihan PO andalan penumpang seperti Agramas, Sinar Jaya, Handoyo, DAMRI, PO Santoso, Safari Dharma Raya, Tiara Mas, Bali Purnama 99, Sarwonadhi Trans, dan lain-lain. Harga tiket busnya sekitar Rp160.000 sampai Rp400.000 untuk rute terjauh.

Terakhir, untuk kamu yang ingin berkeliling Pulau Sulawesi juga terdapat beragam rute yang paling ramai. Di antaranya, Makassar-Palu, Makassar-Toraja, ataupun Manado-Gorontalo dengan pilihan busnya adalah Neo Trans, Borlindo, Khatulistiwa Trans, Cahaya Bone, Bintang Timur, dan Sinar Muda. Tiket bus tersebut memiliki harga yang bervariasi tergantung rute dan kelas yang dipilih, yakni mulai dari Rp127.000 hingga Rp450.000.

Nah, dengan mengetahui rute dan harga tiket bus di atas, kamu pun dapat menentukan tujuan liburan ke berbagai kota di Indonesia. Masih bingung mau pergi ke mana? Tak perlu khawatir, berikut rekomendasi kota-kota di Indonesia yang wajib dikunjungi!

1. Bali

Mendengar kata “Bali”, pasti yang terlintas di pikiran kita semua adalah pemandangan pantainya yang eksotis! Tentu saja, karena itulah yang menjadikan Pulau Dewata ini sebagai destinasi paling favorit di Indonesia yang mampu mendatangkan turis lokal dan asing setiap harinya. Apalagi, pada bulan Mei ini masih berlangsung musim panas atau kemarau, sehingga liburan pun tak akan terganggu dengan turunnya air hujan.

Untuk keberangkatan dari Jakarta menuju Bali, tersedia PO LORENA, Pahala Kencana, Tiara Mas, dan KG Trans dengan harga tiket sekitar Rp530.000 sampai Rp665.000. Kelas yang dapat dipilih penumpang adalah Executive atau sleeper bus yang pastinya menambah kenyamanan selama perjalanan. Dijamin, berkendara dengan bus via darat akan jadi pengalaman paling seru dan tak terlupakan!

Sesampainya di Bali, berbagai destinasi menakjubkan telah menunggu untuk dikunjungi. Terdiri atas pantai, pura, kebun binatang, hingga kafe, Bali menawarkan paket lengkap untuk menghabiskan waktu liburan terbaik. Rekomendasi pantainya adalah Pantai Kuta, Amed, Lovina, Pandawa, dan Seminyak. Sementara destinasi menarik lainnya adalah Candi Lempuyangan, Taman Safari Bali, Pasar Tradisional Ubud, Pura Tanah Lot, Garuda Wisnu Kencana, dan masih banyak lagi.

2. Yogyakarta

Beranjak dari Bali, kita menuju kota destinasi yang tak kalah menarik, yakni Yogyakarta. Ketersediaan moda transportasi ke Kota Gudeg ini cukup banyak dengan harga tiket bus yang terjangkau. Selain itu, wisata di Yogyakarta juga terkenal akan hematnya berbagai tiket masuk destinasi dan ragam kuliner yang murah.

Nah, untuk kamu yang menyukai berwisata di alam terbuka, rekomendasi destinasinya adalah Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir, Air Terjun Kedung Pedut, Goa Pindul, Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Taman Sungai Mudal, ataupun Bukit Bintang. Harga tiket masuk destinasi tersebut berkisar mulai dari Rp5.000 saja lho!

Sementara untuk kamu yang menyukai perjalanan dengan menapaki wisata sejarah, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi. Di antaranya adalah Taman Sari, Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Vredeburg Museum, dan sebagainya. Terakhir, liburan di Yogyakarta tidak lengkap jika belum mengunjungi Jalan Malioboro. Sebab ada banyak sekali kuliner lezat dan berbagai jenis oleh-oleh yang bisa kamu borong.

3. Medan

Medan, sebagai ibu kota Sumatera Utara juga selalu dimeriahkan oleh kedatangan para wisatawan. Bagaimana tidak, kota yang terkenal akan wisata kuliner durian ini memiliki sejuta pesona yang selalu menarik minat untuk berlibur. Dalam cuaca panas bulan Mei, pastinya akan sangat pas untuk menikmati berbagai kuliner lezat di Medan.

Daftar rekomendasi kuliner yang pertama, kunjungilah Rumah Makan Sipirok yang menjajakan sup daging dan daging bakar, Ucok Durian yang sudah melegendaris, Kedai Kopi Apek dengan kopi tradisionalnya, dan Bihun Asie Kumango yang lezat. Nikmati pula berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Medan, seperti Danau Toba, Danau Siombak, Istana Maimun, Museum Tjong A Fie Mansion, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Toko Pusat Bolu Meranti, ya!

Selain Bali, Yogyakarta, dan Medan, masih banyak lagi kota-kota menarik di Indonesia yang wajib dikunjungi pada bulan Mei. Misalnya, beberapa kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, hingga Makassar. Liburan pun semakin mudah berkat tersedianya tiket bus yang melayani rute perjalanan ke kota-kota tersebut.

Pastikan kamu sudah pesan tiket bus saat menyusun rencana liburan dan menjaga kesehatan agar liburan berjalan dengan baik. Selamat berwisata!