Masyarakat Dusun Kepuhtelu Sangat Antusias, Melaksanakan Bersih Desa Setiap Tahun

Nganjuk, Sentralnews.com – Warga desa di Kabupaten Nganjuk hampir seluruhnya menyelenggarakan tradisi Bersih Desa. Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan kenduri, mengirim sesaji yang diperuntukkan untuk danyang desa atau bahkan menggelar tradisi jawa seperti pertunjukan tari-tarian tradisional( tayub) atau campur sari.

Di Dusun Kepuhtelu, Desa Balongrejo Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. warga bersama perangkat desa mengadakan ritual bersih desa berupa kenduri dan mengirim Do’a di Makan Dusun Kepuh telu yang bertujuan untuk sedekah bumi yang di peruntukan untuk para leluhur, Kamis (13/07/2023).

Kemudian paginya dilaksanakan kenduri bersama perangkat desa, lembaga desa dan warga desa yang berkeyakinan dengan ritual tersebut, dari pemakaman atau punden dusun Kepuhtelu yang identik dengan mengirim doa bersama untuk para leluhur.

Setelah kenduri di Punden atau halaman makam selesai, dilanjut ke rumah kepala dusun Kepuhtelu dengan digelar acara Tayupan dan doa bersama.

Menurut Kepala Desa Balongrejo Supriyanto menjelaskan bahwa , tujuan bersih desa atau nyadran sendiri adalah sebagai ungkapan syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang diberikan, mendoakan leluhur dan cikal bakal yg mendirikan dusun kepuhtelu yang sudah wafat smoga diterima di sisiNya,Husnul khotimah dan ditempatkan di surga,” tuturnya.

“Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa,” ungkapnya.

” Supriyanto selaku Kepala Desa Berharap bahwa, Kita sebagai generasi penerus bisa meneruskan perjuangan para leluhur pendiri dusun sekaligus berharap mendapatkan nikmat ( panjang umur,murah rezeki,sehat wal Afiat,ayem tentrem, dijauhkan dari bala’ ,desanya bisa menjadi desa yg gemah Ripah loh jinawi, ” Harapannya.

Untuk diketahui bersama bahwa masyarakat Kepuhtelu sangat antusias dan semangat untuk melaksanakan rangkaian acara nyadran atau bersih desa yang mana di laksanakan pada pagi hari , ” tandasnya.

 

Pewarta : Prabowo.