Bersama Kemensos, Pemkab Kendal Serahkan Bantuan Atensi Bagi PPKS

Kendal, Sentralnews.Com – Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Kendal Menyerahkan Bantuan Atensi Bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Kendal Tahun 2023, Selasa (11/7/2023) bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B.Sc bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Kementerian Sosial Republik Indonesia Iyan Kusmadiana kepada 716 PPKS di Kabupaten Kendal.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Sigit menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan bantuan ini adalah sebagai upaya membantu dalam rangka mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga, dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar dalam melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan.

“Adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa pmenuhan hidup layak bagi penyandang disabilitas sejumlah 370 orang, pemenuhan hidup layak bagi orang lanjut usia sebanyak 300 penerima manfaat, kewirausahaan untuk penyandang disabilitas 5 orang, kewirausahaan untuk lanjut usia 6 orang, perlengkapan sekolah 20 orang, alat bantu eksebilitas terdiri dari kursi roda standar ada 13 orang, tongkat penuntun adaptif 2 orang,” terang Sigit.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan, mewujudkan apa yang sudah di asesmen bersama pada tahun 2022 akhir. Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Kabupaten Kendal. Kegiatan ditahap pertama masuknya ke anak yang banyak dengan disabilitas, dan tahap kedua masuk pada lanjut usia dengan disabilitas,

“Kami akan usaha selesaikan hasil dari asesmen tahun 2022 bersama dengan Pemkab Kendal, yang mana akan dilaksanakan di 2 bulan kedepan dan masuk 2 triwulan kedepan dengan kemampuan kami. Selanjutnya minggu depan atau bulan depan, kita akan melaksanakan kembali asesmen terpadu bersama dinas sosial untuk kegiatan 2024 berikutnya. Sehingga kami tetap melaksanakan kegiatan berkoordinasi, berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Kendal sampai dengan bisa menyelesaikan masalah yang ada,” tutur Iyan Kusmadiana.

Iyan juga menyampaikan, tentu seluruh bantuan ini membuktikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Kendal bersama Pemerintah Pusat, dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hadir untuk melayani masyarakat. “Ini sebagai bukti, kita dari pemerintah akan selalu ada untuk masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini merupakan sebuah upaya bersama dalam melakukan kolaborasi, menyelesaikan permasalahan kesejahteraan maupun permasalahan sosial yang ada di kabupaten kendal, dan tentunya ini adalah hal yang sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Kendal.

Bupati Dico juga minta kepada Dinas Sosial untuk bisa memastikan bahwa penerima bantuan, khususnya terkait dengan bantuan usaha ini bisa dilakukan monitoring agar kedepannya bukan hanya sekedar formalitas, namun dari Pemkab Kendal bisa terus mendampingi, sehingga usaha yang diberikan, harapannya bisa terus berjalan dan bisa terus berkembang.

“Pendampingan ini akan terus kita lakukan, dengan harapannya nantinya terus berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dalam mengentaskan permasalahan sosial maupun mengatasi permasalahan kemiskinan yang ada di kabupaten kendal. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bisa benar-benar bermanfaat dan bisa terus meningkatkan kualitas kehidupan,” tutur Bupati Dico.

Sedangkan salah satu penerima manfaat, warga Kecamatan Ngampel, Sumiyah sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Kendal atas bantuan yang diberikan, karena menurunnya sangatlah bermanfaat sekali.

Sumiyah juga mendoakan para pemimpin di negara ini agar selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pewarta: Doni Kurniawan