Peresmian Penggunaan Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air

Batang, Sentralnews.com – Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman bersama unsur Forkopimda meresmikan penggunaan fasilitas air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air, di Desa Margosono Kecamatan Tersono Kabupaten Batang, yang diinisiasi oleh Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, untuk kemakmuran masyarakat.

Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, program ini serentak digelar di seluruh nusantara, pelaksanaannya menyasar wilayah yang mengalami kesulitan pemenuhan kebutuhan air bersih yang belum tersentuh pelayanan PDAM.

“Khusus di Kabupaten Batang sumur dengan kedalaman 150 meter yang berada di Desa Margosono Kecamatan Tersono, sekarang sudah diresmikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih 100 Kepala Keluarga atau 350 warga. Sebelumnya telah dibangun pula di Kecamatan Gringsing, Subah dan Banyuputih,” terangnya, usai meresmikan penggunaan air bersih, di Desa Margosono Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Selasa (25/7/2023).

Beberapa waktu lalu, Kodim 0736/Batang juga telah melakukan pengecekan ke sejumlah wilayah di tiap Koramil, untuk menentukan desa selanjutnya yang sangat membutuhkan bantuan pemenuhan air bersih. “Tidak semua wilayah bisa dibantu, karena hanya wilayah yang rawan kekeringan dan belum mendapatkan pelayanan dari PDAM,” tegasnya.

Ia menghimbau warga agar lebih menghemat penggunaan air terutama saat memasuki musim kemarau. “Bagi warga di daerah lain, gunakan air seperlunya meski dengan kapasitas yang terbatas, agar kebutuhan air warga tetap tercukupi,” ungkapnya.

Salah satu warga, Sunaryah mengungkapkan. Dibangunnya penampungan air bersih ini sangat membantu memudahkan warga dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. “Biasanya buat minum sama mandi, dulu ambilnya jauh dari rumah, harus menempuh jarak 500 meter tapi sekarang cukup 5 menit karena sudah ada bantuan dari TNI AD Manunggal Air,” sanjungnya.

Ia mewakili warga mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut, sehingga kebutuhan air bersih sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah.

Operator air, Munawar juga mengutarakan, kualitas airnya sangat bersih dan jernih. “Yang pasti kapasitas ketersediaan air tidak terpengaruh cuaca. Meskipun kemarau sumber air yang jaraknya 2 kilometer pasokannya tidak habis,” tandasnya.

Doni Kurniawan