Pemeriksaan Kinerja Pembangunan Infrastruktur Jalan oleh BPK RI Bengkulu, Sekda Hamka Minta OPD Siapkan Fasilitasi LO

Bengkulu, Sentralnews.com – Pertemuan awal dalam rangka pelaksanaan Entry Meeting antara perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Bengkulu dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, berlangsung di Ruang Rapat Rafflesia, Kantor Gubernur Bengkulu, pada Senin (21/08).

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Hamka menjelaskan bahwa Entry Meeting yang akan dilaksanakan selama 35 hari ke depan akan difokuskan pada sektor pembangunan infrastruktur jalan dalam anggaran tahun 2021 hingga 2023. Oleh karena itu, dia meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk menyiapkan seorang Liaison Officer (LO) untuk setiap bidang, yang akan bertanggung jawab mulai dari perencanaan hingga pengawasan.

“Kami meminta para staf OPD untuk menunjuk LO sebagai pendamping dan fasilitator dalam menghadapi proses penilaian kinerja yang dilakukan oleh tim BPK RI Perwakilan Bengkulu,” ujar Sekda Hamka.

Ketua rombongan dari BPK RI Perwakilan Bengkulu, Ni Luh Ketut Shanti Antik Safitri, memberikan penjelasan bahwa fokus dari pemeriksaan kinerja ini adalah peningkatan kualitas infrastruktur jalan. Dia mengharapkan setiap OPD teknis untuk menyediakan data yang diperlukan, terutama data triwulan III tahun 2023.

“Dalam pemeriksaan ini, terdapat empat aspek utama yang menjadi fokus, yaitu pengaturan jalan, penggunaan jalan, proses pembangunan jalan, dan pengawasan jalan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kerjasama yang erat dari seluruh OPD teknis terkait,” ungkapnya.

Tim pemeriksaan dari BPK RI Perwakilan Bengkulu yang terdiri dari tujuh anggota akan melaksanakan penilaian kinerja ini selama 35 hari ke depan. Sementara itu, untuk sekretariat BPK RI dan LO umum pemeriksaan, akan berpusat di Kantor Inspektorat Provinsi Bengkulu.ADV