Polres Serdang Bedagai Gelar Sidak dan Tes Urine Terhadap Personil Polsek Firdaus

Serdang Bedagai, Sentralnews.com – Polres Serdang Bedagai menggelar kegiatan sidak dan tes urine terhadap personil Polsek Firdaus sebagai bagian dari upaya pencegahan penggunaan narkotika di lingkungan kepolisian. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI dan Perkap Nomor 2 tahun 2016 tentang penyelesaian pelanggaran Disiplin Anggota Polri.

Berdasarkan Surat Perintah Kapolres Sergai Nomor Sprin/1234/IX/HUK.12.10./2023 tanggal 1 September 2023, Ops GAKTIBPLINGAKTIBPLIN dilaksanakan oleh Tim Sipropam Polres Serdang Bedagai. Sidak ini bertujuan untuk mengidentifikasi personel yang terindikasi menggunakan narkotika jenis shabu di Polsek Perbaungan.

Kegiatan sidak dan tes urine dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 6 September 2023 di Mako Polsek Perbaungan. Tim yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain AKP A. SANTIKA, SH sebagai Kasipropam, IPTU EDWIN A. SIMANJUNTAK sebagai Waka Polsek Perbuangan, IPTU B. MANURUNG sebagai KBO Sat Narkoba, IPDA SAKBAN HASIBUAN, S. Sos sebagai Kanit Paminal, AIPTU JUNAIDI sebagai PS. Kanit Paminal, ICEN PARDEDE sebagai Phl Sidokkes, dan ARIYATI sebagai Phl Sidokkes.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pengambilan urine terhadap personel Polsek Perbaungan, yaitu 2 perwira dan 8 bintara. Urine yang diambil kemudian dimasukkan ke dalam tabung yang telah disiapkan oleh tim sidokkes dengan pengawalan dari unit Provos. Selanjutnya, alat tes narkotika 7 parameter merk DOA digunakan untuk melakukan tes urine terhadap 10 personel Polsek Perbaungan.

Hasil tes urine menunjukkan bahwa tidak ada personel yang positif mengandung narkotika. Hal ini merupakan kabar baik dan menunjukkan komitmen Polres Serdang Bedagai dalam menjaga profesionalisme dan integritas anggota kepolisian.

Kapolres Serdang Bedagai, AKBP D. PRANOTO, S.I.K., M.H., mengapresiasi kerja keras tim Sipropam dan seluruh personel Polsek Firdaus yang telah melalui proses tes urine dengan hasil yang negatif. Ia juga mengimbau seluruh anggota kepolisian untuk tetap menjaga integritas dan bersikap profesional dalam menjalankan tugas demi melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Dengan hasil tes urine yang negatif, Polres Serdang Bedagai terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan internal dan memberikan contoh yang baik dalam penegakan hukum serta pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan guna mencegah penyalahgunaan narkotika di tubuh kepolisian yang dapat merusak citra institusi.

Pewarta: Ridwan Purba