Bupati Bulungan Membuka Even Festival Sungai Kayan 2023

Bulungan, Sentralnews.com – Bupati Bulungan Syarwani. S.Pd, M.Si meresmikan Festival Sungai Kayan 2023. Dengan berbagai perlombaan yang akan dipertandingkan. Mulai dari balap speedboat, lomba perahu dayung, balap ketinting dan lainya, Rabu 4 Oktober 2023 di Tepian sungai Kayan Tanjung Selor Bulungan.

Hadir dalam acara pembukaan Festival Sungai Kayan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, Wakil Gubernur Kaltara, Bapak Yansen Tipa Padan, bersama Bapak Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Ketua DPRD Kabupaten Bulungan Pak Kilat, beserta anggota DPRD dan DPRD Kaltara, Mantan Bupati Bapak H. Budiman. M.Si periode 2005-2015, Kepala OPD di Tingkat Kabupaten dan Camat juga Kepala Desa, Kepala OPD Kaltara serta Tokoh Agama, Adat dan Tokoh Masyarakat untuk menyaksikan perlombaan yang di adakan setiap tahunnya.

Festival Sungai Kayan untuk memperingati sekaligus Menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Bulungan Ke 63 Tahun dan Kota Tanjung Selor Ke233, dimana even sendiri dilaksanakan setiap tahunnya, tentu dilaksanakan di Sungai Kayan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan yang digelar selama 5 hari dari tanggal 4-9 Oktober 2023.

Sungai Kayan memiliki sejarah panjang Kabupaten Bulungan, kemajuan tidak lepas dari keberadaannya yaitu Sungai Kayan, jadi tugas kita saat ini bagaimana kita melestarikan segala kegiatan- kegiatan budaya yang pernah ada dan hidup, serta di wariskan oleh para leluhur, terdahulu dalam menghidupkan aktivitas sehari-hari di sungai Kayan ini, dan salah satu wujud ke cintaan kita kepada Bulungan yang saat ini juga mengadakan Festival Sungai Kayan yang di laksanakan setiap tahunnya. Ujar Bupati Bulungan.

Bupati Bulungan Syarwani. S.Pd, M.Si dalam sambutannya juga mengatakan. “Selain dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kabupaten Bulungan dan Kota Tanjung Selor, even ini sekaligus sebagai sarana untuk melestarikan budaya, melalui olahraga tradisional yang ada di Bulungan.

Melalui even yang memanfaatkan kekayaan alam berupa sungai Kayan ini, Syarwani juga menjelaskan sebagai penggagas festival sungai kayan tersebut tentu dapat menjadikan festival ini sebagai salah satu objek pariwisata hingga meningkat UKMK di Bulungan, Kalimantan Utara. Ujar Bupati.

Saya mengucapkan banyak terima kasih dan atas nama diri sendiri dan pemerintah daerah, khususnya para peserta yang datang dari 74 desa se-Kabupaten Bulungan untuk hadir di hari ini dalam rangka meriahkan Hari Jadi kabupaten Bulungan ke-63 dan Kota Tanjung Selor Ke-233, dengan mengikuti even Festival Sungai Kayan atau mengikuti perlombaan perahu panjang dan sebagainya.

Dan untuk yang bertanding, acara ini sekali lagi untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten dan Kota, dimana masyarakat akan terhibur, dan bahagia, tak hanya ingin mencari kemenangan, melalui even ini juga menjadi ajang silaturahmi, dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

Lomba Kegiatan Festival Sungai Kayan terdiri dari Perahu Dayung kelas 20 putri sebanyak 33 perahu, putra sebanyak 47 perahu, kelas 30 putra sebanyak 27 perahu, kelas 50 putra sebanyak 12 perahu, Ketinting 6,5 horse power -8 horse power underbond sebanyak 49 ketinting, 13 horse power -25 horse power underbond sebanyak 19 ketinting, Hebob 5 speed. (*/Aspian).