Seminar UMKM Bulungan, Asisten II Berharap Peserta Memahami Bagaimana Cara Membesarkan UMKM

Bulungan, sentralnews.com – Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ibramsyah, S.Sos membuka kegiatan Seminar UMKM bertema Scale Up di Ruang Tenguyun Lantai II Kantor Bupati Minggu (22/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta sebagai pengusaha atau UMKM Bulungan, hadir juga Kepala Disperindagkop Bulungan Errin Wiranda SE, Kepala Diskominfo Bulungan Hj.Andriana, S.H dengan menghadirkan sosok orang terkenal di dunia televisian serta berpengalaman dibidang bisnis dan presenter yaitu Helmy Yahya dan juga hadir Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bulungan, dr Maharani Ayu Kusumaningrum.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ibramsyah, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta dukungan yang positif atas dilaksanakannya kegiatan yang bertujuan membangkitkan serta membesarkan UMKM di Bulungan untuk masyarakat.

Ibramsyah mengatakan tema Scale Up dapat diartikan membesarkan, meningkatkan reputasi, operasional hingga pendapatan UMKM bisa lebih besar lagi dengan cara tertentu untuk menarik minat dan pelanggan sebanyak – banyaknya.

“Tentunya hal ini tidak semudah membalik telapak tangan, banyak hal yang harus dilakukan, apalagi UMKM saat ini banyak tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bulungan Kaltara, Di Kabupaten Bulungan sendiri di atas 3 ribu lebih pelaku usaha mikro, kecil dan menengah,” ujar Ibramsyah

Para pelaku UMKM harus tetap semangat karena kehadiran UMKM bisa memiliki dampak besar untuk pembangunan ekonomi, meningkatkan penghasilan masyarakat, berperan menumbuhkan kesempatan kerja, yang sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan khususnya di Bulungan.

Ibramsyah berharap dengan “Kegiatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk mendapatkan wawasan, pengetahuan serta kiat-kiat dari narasumber kita, tentang bagaimana cara membesarkan UMKM,” pesannya.

UMKM tidak terbatas pada usaha kuliner saja, tapi juga pada usaha fashion, pertanian atau agrobisnis, elektronik, furnitur maupun kerajinan hingga usaha bidang jasa dan usaha-usaha lainnya yang dapat dirintis dari mikro, kecil hingga menengah.

Asisten II Ibramsyah menyebutkan dari sekian banyak upaya, 2 di antaranya yaitu melakukan riset pasar, untuk mengetahui kebutuhan pasar, mengenal target pasar, mengetahui peluang yang ada di pasar maupun untuk menganalisa hal-hal yang dilakukan oleh para pesaing.

Kemudian memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini seoptimal mungkin, untuk dapat melakukan komunikasi secara cepat, meningkatkan produktifitas, membangun peluang bisnis baru serta terhubung ke jaringan global dengan jangkauan secara internasional. Tutupnya. (*)

Pewarta Aspian