Buku ‘Bengkulu Hebat’ Karya Rohidin Mersyah Sudah Bisa Dibaca Di Perpusda Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Sentralnews.com – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, secara resmi meluncurkan buku berjudul ‘Bengkulu Hebat’ di Kantor Graha Pena RBTV Bengkulu pada Sabtu, 18 November. Buku ini merupakan karya ke-10 dari Gubernur Rohidin sejak masa kuliah dulu.

Dalam buku ‘Bengkulu Hebat’ tersebut, diulas berbagai keunggulan budaya Bengkulu, salah satunya adalah kain besurek yang khas di daerah tersebut. Buku ini juga membahas letak strategis Bengkulu sejak zaman penjajahan Inggris.

Selain itu, buku ‘Bengkulu Hebat’ ini juga mengupas tokoh-tokoh terkenal di Bengkulu serta menggambarkan arti menjadi orang Bengkulu yang melibatkan kelahiran di Bengkulu, pernikahan dengan orang Bengkulu, dan orang-orang yang pernah bertugas di Bengkulu untuk membangun provinsi tersebut.

Menurut Gubernur Rohidin Mersyah, proses pembuatan buku ‘Bengkulu Hebat’ ini telah dimulai satu tahun yang lalu dengan membuat garis besar terlebih dahulu, termasuk tema, kerangka pemikiran, dan struktur penulisannya.

“Pada satu tahun yang lalu, saya mulai membuat garis besar buku ini, termasuk tema, kerangka pemikiran, dan struktur penulisannya. Alhamdulillah, buku ini selesai ditulis tahun lalu (2022), namun baru selesai dicetak pada akhir tahun 2023,” ungkap Gubernur Rohidin.

Lebih lanjut, gubernur mengungkapkan minatnya untuk menulis tentang Bengkulu muncul sejak masa kuliah, saat ia terlibat dalam pertemuan Senat seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Gubernur Rohidin berpikir bahwa Provinsi Bengkulu memiliki keunggulan dibandingkan provinsi lain yang perlu dijadikan tulisan untuk meningkatkan pemahaman tentang Bengkulu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi

“Pada dasarnya, minat saya muncul saat saya masih mahasiswa dan terlibat dalam pertemuan Senat yang mewakili seluruh senat di Indonesia. Saya menyadari bahwa daerah saya memiliki keunggulan. Ketika saya membandingkan Benteng Marlborough di Bengkulu dengan benteng di Jogja, saya merasa bahwa benteng di Bengkulu jauh lebih indah, begitu juga dengan keindahan alamnya. Inilah yang mendorong saya untuk mengangkatnya dalam bentuk tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan,” tambah gubernur.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, menambahkan bahwa buku ‘Bengkulu Hebat’ saat ini sudah dapat diakses di Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

“Hari ini, masyarakat Bengkulu sudah dapat membaca buku ‘Bengkulu Hebat’ langsung di Perpustakaan Provinsi Bengkulu,” tutup Meri Sasdi.(ADV)