Bunda PAUD Derta Rohidin Ajak Pendidik Ciptakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dan Ringan

Bengkulu, Sentralnews.com – Bunda PAUD Provinsi Bengkulu, Derta Rohidin, mengajak para pendidik untuk membuat transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Meskipun transisi ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman secara alami, persiapan dan dukungan yang tepat dapat menjadikan proses tersebut menyenangkan.

Dalam acara Sosialisasi transisi PAUD ke SD di Hotel Adeeva pada Senin (27/11), Derta Rohidin menyatakan pentingnya menciptakan suasana transisi yang positif untuk anak-anak. Beliau berharap agar anak-anak merasa antusias dan tidak merasa terpaksa saat memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Derta menekankan bahwa sementara pengajaran membaca, menulis, dan berhitung (calistung) dapat dilakukan, lebih baik jika pendekatan yang digunakan bersifat menyenangkan dan tidak terlalu memaksa anak-anak.

“Penting bagi PAUD untuk menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, dengan fokus pada pengembangan seluruh kompetensi dasar anak. Sesuai dengan kurikulum merdeka, kita diharapkan dapat menghargai minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap anak,” ujar Derta.