Lomba Cipta Kreasi Tingkat Provinsi Bengkulu 2023, Derta Rohidin: Olahan Lokal Lebih Menyehatkan, Enak dan Bergizi

Bengkulu, Sentralnews.com – Berbagai menu olahan lokal, dari bahan non beras dan non terigu disajikan oleh ibu-ibu dharma wanita, organisasi perempuan, UMKM dan pelajar pada acara lomba cipta kreasi Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023 di Hotel Raffles City Bengkulu, Kamis (2/11/2023).

Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Rohidin mengungkapkan kegiatan ini sebagai kampanye dan sosialisasi untuk menggali potensi pangan lokal unggulan daerah dan memasyarakatkan pangan lokal non beras dan non terigu. 

“Banyak bahan pangan lokal, seperti ubi, terong, jagung, dsb dapat diolah menjadi makanan sehat, enak, dan bergizi,” ujar Derta 

Selain itu, olahan bahan pangan lokal ini juga guna mendorong UMKM lokal berkembang, dan menciptakan variasi menu kudapan lokal

Lomba Cipta Kreasi Tingkat Provinsi Bengkulu 2023, Derta Rohidin: Olahan Lokal Lebih Menyehatkan, Enak dan Bergizi

yang tentunya beranekaragam. Kemudian, kegiatan ini juga untuk mengenalkan kudapan pangan lokal pada anak-anak milenial. 

“Kita berharap ke depan, produk pangan lokal dapat berkembang. Sebab itu pada beberapa kesempatan kudapan pangan khas lokal selalu disajikan,” ungkapnya.

Sementara, Gubernur Rohidin Mersyah mengapresiasi menu kudapan lokal yang disajikan. Menurutnya, sajian tersebut sangat menyehatkan dan terjamin gizinya dibandingkan makanan cepat saji (junk food) yang sedang populer sekarang ini. 

“Rebusan ubi, pisang, kacang lebih memiliki nilai dibandingkan makanan cepat saji,” terangnya.

Ke depan menurutnya, perlu pemasaran yang lebih menarik lagi sehingga jajanan lokal ini kembali populer seperti membuat cafe khusus kudapan makanan lokal. Sehingga, ketika milenial nongkrong dapat tersaji makanan produk pangan lokal, selain menyehatkan, makanan lokal semakin dikenal. 

“Mungkin, perlu dibangun seperti cafe, tempat nongkrong bagi anak-anak muda yang menyajikan produk olahan makanan lokal. Sehingga, makanan ini terus dikenal di kalangan milenial,” pungkas gubernur.

(Adv)