Tren HIV/AIDS Terus Meningkat, Dempo Mempertanyakan Peran Pemerintah Provinsi dan Daerah

Bengkulu, Sentralnews.com – Pemerintah harus peka terhadap angka Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di Provinsi Bengkulu yang terus meningkat. Pada tahun 2022 tercatat sudah mencapai 1.224 orang terjangkit penyakit tersebut.

Menanggapi hal itu Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP menyindir Pemerintah Provinsi Bengkulu yang mengklaim sejumlah sektor trennya sedang tumbuh.

“Kesehatan bertumbuh, ekonomi bertumbuh, bahkan angka HIV/AIDS pun ikut-ikutan bertumbuh,” ungkap Dempo usai hearing dengan Duta HIV/AIDS se-Provinsi Bengkulu, Jumat (17/11).

Hanya saja, lanjut Dempo, terkait meningkatnya angka HIV/AID ini perlu menjadi perhatian serius Pemda Provinsi dan kabupaten/kota. Apalagi bagi kabupaten/kota yang angka HIV/AIDS-nya mengalami peningkatan signifikan.

“Penyebab penularan HIV/AIDS itukan melalui darah, dan hubungan seksual baik sejenis ataupun berbeda jenis. Untuk itu harusnya langkah pencegahan bisa masif harus dilakukan,” katanya.

Dempo juga menekankan peran pemerintah yang harus dilakukan tentang persoalan meningkatnya angka penularan HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu yang dapat mempengaruhi Indonesia emas.

(Adv)