Peluncuran Buku Kontribusi Pemikiran LM FEB UI 4 Desember 2023

Foto: Cover Buku Kontribusi Pemikiran LM FEB UI, poster, dan seremonial penyerahan buku dari Kepala LM FEB UI kepada Dekan FEB UI di acara peluncuran yang dilaksanakan Senin, 4 Desember 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta

Jakarta, Sentralnews.com – Hari ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) merayakan HUT ke-73 dengan meriah dan bermakna melalui peluncuran buku kumpulan tulisan berjudul “Kontribusi Pemikiran LM FEB UI: Melihat Indonesia dari Sudut Pandang Ekonomi dan Bisnis.” 4 Desember 2023

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari sejumlah peneliti terkemuka, yang dikurasi oleh empat editor utama, yaitu Willem A. Makaliwe, Nurdin Sobari, Prasetyo, dan Yendra E. Kivatra. Diluncurkan dalam rangkaian perayaan HUT FEB UI, buku ini mengeksplorasi lima topik utama yang krusial dalam konteks ekonomi dan bisnis Indonesia.

Salah satu sorotan utama buku ini adalah tulisan pertama yang membahas restrukturisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia oleh Willem A. Makaliwe. Dalam analisis mendalamnya, Makaliwe membuka jendela pada perubahan struktural ini dan merinci mengapa format merger dan akuisisi dianggap sebagai pendekatan yang lebih tepat. Diskusi mencakup aspek-aspek strategis seperti efisiensi operasional, daya saing global, dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Topik berkelanjutan juga mendapat sorotan melalui pemikiran R. Nugroho Purwantoro tentang pergeseran dari TCFD ke TNFD, membuka ruang diskusi tentang akuntabilitas organisasi dalam konteks bisnis berkelanjutan dan etika korporasi.

Ignatius Heruwasto membahas tantangan mencapai target net zero emisi, dengan menyoroti upaya pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mengurangi jejak karbon. Begitu juga, Mone S. Andrias dan Putri M. Desiana memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika SDM Indonesia di era modern melalui tema employee engagement dan turnover intention.

Buku ini juga membahas penguatan informasi teknologi, pengembangan artificial intelligence, serta berbagai aspek ekonomi dan bisnis lainnya. Dengan membuka wawasan mendalam terhadap peluang dan tantangan yang dihadapi Indonesia, buku ini diharapkan menjadi panduan berharga bagi pemangku kebijakan, praktisi, dan masyarakat dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Peluncuran buku ini menjadi bagian integral dari visi FEB UI untuk menjadi pusat pemikiran dan kontributor utama dalam menghadapi dinamika ekonomi dan bisnis di era modern. Dengan pemikiran-pemikiran yang terhimpun dalam buku ini, diharapkan mampu membawa Indonesia menuju kemajuan yang berkelanjutan dan mewujudkan cita-cita menjadi negara berdaya saing global.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai masing-masing tulisan, dapat menghubungi Sekretariat Pimpinan LM FEB UI Yendra (0896-4747-3440 / yendra@lmfebui.com)