Dorong Cakap Keuangan bagi Pelaku UMKM Desa

Bengkulu, Sentralnews.com – Warta Ekonomi bersama Kementerian Kominfo menggelar seminar nasional Desaku Cakap Keuangan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Bengkulu, Sabtu (24/2/24).

Seminar dibuka CEO Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dengan Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong dan dijadwalkan besok 24 Februari 2023 Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan mengisi sebagai keynote Speaker.

Ihsan mengatakan seminar ini sebagai upaya mendorong peningkatan literasi keuangan kalangan pelaku UMKM di desa khususnya yang berfokus menjajakan produknya di area wisata.

“Literasi keuangan penting demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan serta mendorong para UMKM naik kelas,” ujar Ihsan.

Sementara itu disampaikan Usman Kansong, Seminar ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan tentang bijak mengolah keuangan khususnya bagi pelaku UMKM harus menerapkan pembiayaan produktif.

“Banyak saat ini pelaku UMKM mau mengembangkan usahanya dengan mengakses pinjaman online, dan karena mungkin lengah, akhirnya dana yang ada digunakan untuk hal konsumtif sampai akhirnya tidak balik modal dan tidak bisa mengembalikan dana yang dipinjam,” terangnya.

Usman berharap masyarakat dan pelaku UMKM bijak mengakses pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya. Selain itu mendorong agar masyarakat berhati-hati meminjam di platform pinjol.

“Saat ini banyak beredar Pinjol ilegal beredar. Taruhannya ketika di dalam riwayat perbankan sudah masuk dalam data blacklist, yang diambil sebagai jaminan itu data peminjam. Jadi perlu hati-hati dengan akses kemudahan-kemudahan yang diberikan,” jelasnya.

Kemenkominfo pun mengajak masyarakat awas dan mau melaporkan jika ada Pinjol Ilegal yang tak terdaftar di OJK untuk dapat melapor ke Aduan Konten yang disediakan Kemenkominfo untuk dilakukan klarifikasi hingga take down Pinjol ilegal yang ada.

Bahwa literasi keuangan bagi UMKM di desa merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan mereka dan meningkatkan daya saing bisnis.

Dengan meningkatnya literasi keuangan di kalangan UMKM di desa, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan ekonomi lokal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Seminar ini diisi oleh pemateri dari stakeholder keuangan dan pakar ekonomi di antaranya Ketua ISEI Bengkulu Retno Agustina Ekaputri, Analis OJK Bengkulu Flora Apriani, Kepala Departemen Literasi Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Kabid Produk dan Pelayanan Wisata Dispar Provinsi Bengkulu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary.

Selain itu juga Pimpinan Cabang PT Pegadaian Bengkulu Noveldi, Branc Manager Bank Sinar Mas Bengkulu Gerry Mandalika, Founder Finansialku Melvin Mumpuni, dan Financial Planne Pasmai Denta.

Seminar ini diikuti oleh 115 peserta baik pelaku usaha, pelaku pariwisata, dan masyarakat lokal. Pada acara ini dilaksanakan pula bazar UMKM yang nantinya aka ditutup langsung oleh gubernur pada Minggu (25/2/24).