Antusiasme Masyarakat Kota Bengkulu dalam Penukaran Uang Baru Menjelang Lebaran 2024, Begini Caranya!

Bengkulu, Sentralnews.com – Masyarakat Kota Bengkulu menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam melakukan penukaran uang baru menjelang perayaan Lebaran 2024, hal ini terlihat di View Tower Bengkulu. Salah satu warga setempat, Iyud Dwimursito, bahkan rela mengantre sejak pagi hanya untuk menukarkan uang baru melalui layanan Kas Keliling Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, dengan harapan mendapatkan uang baru dalam pecahan kecil.

“Kalau sudah mendekati Lebaran biasanya uang pecahan makin sulit didapat. Makanya pas ada gerai buka, saya langsung ikut mengantre,” ujar Iyud pada Selasa (26/3/2024).

Iyud mengungkapkan bahwa ia rutin berburu uang baru untuk dibagikan pada momen Idul Fitri setiap tahunnya, mulai dari pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, hingga Rp 10 ribu. Ia menjelaskan bahwa ini adalah kali kedua ia menukar uang Rupiah di sini, dan tadi ia berhasil menukarkan uang sebesar Rp 3 juta dengan uang pecahan kecil dari Bank Indonesia.

Dhita Aditya Nugraha, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, menjelaskan bahwa Bank Indonesia telah membuka gerai penukaran uang bagi warga menjelang Lebaran 2024. “Ada beberapa titik gerai penukaran uang yang telah kita siapkan bagi warga yang membutuhkan uang pecahan, atau warga juga bisa menukarkan uang pecahan pada perbankan resmi yang ada, untuk menghindari adanya peredaran uang palsu saat Ramadan,” kata Dhita pada Selasa (26/3/2024).

Adapun mekanisme penukaran uang baru yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

  • Jumlah penukaran uang Rupiah maksimal Rp 4 juta.
  • Masyarakat melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran menggunakan Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.bi.go.id.
  • Pemberian layanan secara go-show bagi masyarakat yang belum melakukan pendaftaran di PINTAR dapat dilakukan selama kuota masih tersedia.
  • Pemesanan dilakukan menggunakan NIK-KTP.
  • NIK-KTP yang telah digunakan untuk melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah dengan status menunggu pelaksanaan penukaran, tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran hingga melewati hari penukaran.
  • Bukti pemesanan penukaran akan dikirimkan melalui e-mail, atau dapat langsung diunduh pada saat masyarakat selesai melakukan pengisian data pemesanan.
  • Pemesanan dapat dilakukan selama kuota penukaran tersedia.
  • Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan.
  • Penukar wajib membawa KTP & bukti pemesanan penukaran uang Rupiah melalui Kas Keliling dalam bentuk digital/cetak yang telah disertai QR Code.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan masyarakat Kota Bengkulu dapat lebih mudah dan aman dalam memperoleh uang pecahan baru menjelang Lebaran, serta mengurangi risiko peredaran uang palsu di tengah masyarakat.