Apresiasi Terhadap Penggunaan Teknologi E-Voting dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bengkulu Tahun 2024

Bengkulu, Sentralnews.com – Penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bengkulu tahun 2024 yang menggunakan teknologi e-voting mendapat apresiasi dari Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler.

Dalam pernyataannya, Dempo Xler, yang juga merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unib, menyambut baik penggunaan teknologi e-voting dalam pemilihan Presma Unib.

“Dengan penggunaan e-voting, kita dapat melihat kemajuan teknologi dalam konteks demokrasi, yang bisa menjadi inspirasi untuk penggunaan teknologi serupa dalam pemilihan umum lainnya,” ujar Dempo, Selasa (27/2/24).

Menurutnya, penggunaan teknologi e-voting juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemilihan umum di masa depan, termasuk pemilihan kepala desa, DPRD, bahkan Pilkada.

Dempo juga menekankan pentingnya memikirkan integrasi teknologi dalam proses demokrasi, serta perlunya kajian lebih lanjut terkait keamanan dan penyediaan teknologi tersebut.

Menurutnya, pemilihan menggunakan e-voting dapat menciptakan proses pemilu yang lebih cepat dan langsung dalam perhitungan hasilnya.

Dalam konteks pilkada, Dempo berpendapat bahwa penggunaan sistem e-voting dapat menjadi alternatif yang hemat biaya dan efisien, karena dapat menggantikan penggunaan media kertas.

Dempo juga mengusulkan agar pilkada di Bengkulu kedepannya menggunakan sistem e-voting, mengingat sebagian besar orang sudah menggunakan perangkat android, atau panitia pemilihan dapat menyediakan layar sentuh sebagai media pemilihannya.

Teknologi e-voting sendiri merupakan sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik untuk membuat, memberikan, dan menghitung suara dalam pemilihan umum, serta menyajikan hasilnya secara digital.

Sementara itu, dalam Pemira Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa tahun 2024, pasangan calon nomor 02, Ridhoan Parlaungan Hutasuhut (Prodi Pendidikan Matematika FKIP) dan Yoandha Audritama Ihza Kesuma (Prodi Kehutanan FP), berhasil memenangkan pemilihan dengan meraih 4.426 suara atau 69,61 persen menggunakan sistem e-voting.(ADV)