DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pemprov Segera Persiapkan PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025

Bengkulu, Sentralnews.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 masih cukup lama, namun DPRD Provinsi Bengkulu telah mengeluarkan permintaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan instansi terkait untuk memulai persiapan sejak dini guna mengatasi potensi permasalahan yang mungkin timbul.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, persoalan PPDB di wilayah Bengkulu terus menjadi perhatian utama semua pihak, menyisakan sejumlah aspek yang perlu dievaluasi.

Untuk mengatasi hal ini, dirinya meminta agar Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) melakukan persiapan dengan matang.

“Kita berharap Dinas Dikbud sudah dapat melakukan analisis dan pemetaan terhadap calon siswa yang akan lulus SMP dan melanjutkan ke jenjang SMA. Data ini penting sebagai dasar dalam proses PPDB,” ujar Zainal, Jumat (01/03/2024).

Selanjutnya disampaikan Zainal, analisis ini akan memperlihatkan kebutuhan setiap sekolah terhadap jumlah siswa baru dan ruang belajar yang dibutuhkan.

Dengan demikian, pada saat pembukaan pendaftaran PPDB, tidak akan terjadi penumpukan calon siswa di satu sekolah saja, melainkan tersebar merata.

“Nantinya kita harus hindari overload di beberapa sekolah sementara sekolah lain kekurangan murid. Terutama sekolah di daerah pinggiran perlu mendapat perhatian khusus. Pemetaan kebutuhan murid menjadi krusial,” tutup Zainal.(ADV)