Pengajuan Listrik Gratis di Bengkulu Meningkat Drastis, Verifikasi Data Sedang Berlangsung

Bengkulu, Sentralnews.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu mengonfirmasi bahwa program sambungan listrik gratis tahun 2024 sedang dalam tahap verifikasi usulan oleh PLN. Hal ini karena jumlah usulan dari masyarakat Bengkulu telah melampaui kuota sambungan listrik yang direncanakan.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Doni Swabuana, menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat terhadap program ini sangat tinggi. “Selama proses inventarisasi beberapa bulan terakhir, kami telah menerima 5.600 usulan dari masyarakat Bengkulu,” ungkapnya.

Doni menegaskan bahwa pihaknya akan mencari formulasi terbaik untuk mengakomodir semua usulan tersebut. Meskipun rencana awal hanya menyediakan 1.230 sambungan listrik (230 dari APBD dan 1.000 dari APBN), namun dengan jumlah usulan yang melampaui ekspektasi, pihaknya akan mencari solusi.

“Kita akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dari 5.600 usulan tersebut, kemudian mencari formulasi mana yang lebih prioritas untuk pendanaannya,” jelas Doni.

Doni juga tidak menutup kemungkinan penambahan kuota sambungan listrik gratis, termasuk dalam APBD Perubahan. “Kita akan usulkan tambahan kuota sekitar 500 sambungan baru, untuk mengurangi jumlah usulan yang belum terakomodir,” tambahnya.

Setelah proses verifikasi oleh PLN selesai, pihaknya berencana untuk segera merealisasikan pemasangan sambungan listrik kepada penerima bantuan. “Insya Allah, di minggu kedua bulan Mei akan dimulai realisasi pemasangan. Saat ini kami masih menunggu proses verifikasi dari PLN,” tutup Doni.ADV