Pentingnya Pelayanan Publik di Bulan Ramadan

Bengkulu, Sentralnews.com– Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, menekankan pentingnya menjaga standar pelayanan publik selama bulan Ramadan.

Menurutnya, bulan puasa bukanlah saat untuk menurunkan kualitas pelayanan publik, melainkan harus dijadikan momentum untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Bulan Ramadan harus dimanfaatkan secara produktif, termasuk dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas,” ujar Dempo, di Kota Bengkulu, (24/3/2024).

Dempo menekankan bahwa bulan Ramadan adalah waktu untuk melatih kesabaran, kekuatan mental, dan spiritual dalam beribadah kepada Tuhan, tetapi tetap, pelayanan publik harus berjalan dengan optimal sebagai bagian dari ibadah sosial.

“Pelayanan publik adalah bagian dari ibadah sosial yang harus dilakukan dengan baik oleh para pegawai,” ungkapnya.

Selain itu, Dempo juga menyoroti peran penting pemerintah dalam memberikan pelayanan yang baik kepada publik.
Semua pegawai negeri sipil dan pejabat pemerintah, termasuk Bupati, Gubernur, dan Walikota, diingatkan untuk menjalankan tugas dan fungsi mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Semua harus patuh pada regulasi dan memenuhi kewajiban sebagai pejabat negara,” jelas Dempo.

Dia juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang memperpendek jam kerja pegawai selama bulan puasa, sehingga mereka dapat pulang lebih awal. Namun, hal itu tidak boleh mengurangi produktivitas mereka.
“Pengurangan jam kerja adalah insentif bagi ASN, tetapi mereka harus tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” tambahnya. (ADV)