Pentingnya Penyuluhan Pertanian Suara dari Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Sentralnews.com -Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edi Tiger menekankan pentingnya Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memberikan penekanan pada penyuluhan pertanian, khususnya terkait sistem pemasaran hasil produksi tanaman pertanian di wilayah Bengkulu.

Menurutnya, sistem pemasaran memiliki peranan krusial dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah tersebut.

“Pemasaran hasil pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Selain pengetahuan tentang teknik budidaya, pemahaman tentang sistem pemasaran juga sangat diperlukan,” ungkap Edi Tiger.

Lebih lanjut, Edi Tiger menjelaskan, sistem pemasaran melibatkan aspek distribusi dan penetapan harga, yang dapat berpengaruh langsung terhadap pendapatan petani. Oleh karena itu, dia mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memberikan perhatian khusus terhadap hal ini.

“Kita perlu memastikan bahwa para penyuluh pertanian tidak hanya fokus pada peningkatan produksi, tetapi juga memberikan solusi terkait pemasaran hasil panen. Mereka harus dapat memberikan jaminan harga yang adil bagi petani, terutama saat panen raya,” tambah dia.

Edi Tiger juga menegaskan bahwa peran penyuluh pertanian harus bersifat holistik, tidak hanya dalam meningkatkan hasil produksi tetapi juga dalam membantu petani dalam memasarkan hasil panen mereka dengan harga yang layak.

“Penyuluh pertanian harus aktif dalam membantu petani menjual hasil panen mereka dengan harga yang menguntungkan, sehingga petani tidak terbebani dengan harga yang rendah,” tegas Edi Tiger.(ADV)