Kusmito: Salah satu materi Fit and Proper Test dan Assessment adalah Bedah APBD Kota Bengkulu

DPD PAN Kusmito Gunawan, SH, MH AA.

Kota Bengkulu, Sentralnews.com – Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Tim Ad Hoc Penjaringan Calon Wali dan Wawali Kota Bengkulu 2024-2029 DPD PAN Kusmito Gunawan, SH, MH AA.

Kita tentunya menginginkan pemimpin Kota Bengkulu yang memiliki integritas dan kompetensi terbaik. Memiliki kemampuan menafsir, menelaah dan mengaplikasikan ABPD Kota Bengkulu untuk kesejahteraan rakyat. Sebagaimana APBD Kota Bengkulu tahun 2024 telah mencapai 1,3 T, yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah. Sehingga bagaimana calon Wali dan Wawali mampu menjabarkan hal tersebut secara komprehensif.

Calon tidak hanya berfokus pada sumber-sumber PAD kota yang terfokus pada Retribusi dan Pajak Daerah tetapi bagaimana mampu menciptakan sumber PAD baru, yang tetap harus humanis dan berpihak ke rakyat.

Menurut Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu ini, Fit and Proper Test nanti akan dilakukan secara transparan dan accountability. Mulai dari penelitian administrasi, penyampaian visi dan misi dan meminta pendapat masyarakat.

Yang sangat penting juga calon Walikota dan Wawali mempunyai kemampuan menjabarkan program-program H. HELMI HASAN yang telah dua periode menjadi Walikota, diantaranya 1000 jalan mulus, BPJS gratis, Santun anak yatim dan kaum dhuafa, ijazah gratis, ambulan gratis, merdeka sampah, dan lainya.

Tentunya tahapan di atas akan dilengkapi dengan penilaian hasil survey tingkat popularitas dan elektabilitas untuk menang di Pilkada 27 November 2024 nanti. Tim akan memberikan penilaian dan indikator kemampuan dalam setiap tahapannya, nanti akan dikirim ke DPW dan DPP untuk mendapatkan penetapan final, tutup Ketua Pengkaderan DPW PAN ini.

Pewarta: Arwin Binardi