Longsor di Jalur Lebong – Rejang Lebong Ditangani dengan Cepat

Bengkulu, Sentralnews.com – Longsor susulan yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024) sekitar pukul 01.00 WIB di jalur lintas Lebong – Rejang Lebong, tepatnya di Kecamatan Rimbo Pengadang, berhasil ditangani pada pukul 22.40 (Sabtu malam).

Menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, pembersihan seluruh material longsor membutuhkan waktu 5 jam untuk membuka kembali akses jalan lintas Lebong – Rejang Lebong.

“Dalam waktu 5 jam, kami berhasil membuka akses jalan ini agar kendaraan dapat melintas. Alat berat juga akan terus bekerja hingga besok (Minggu) untuk membersihkan sisa material longsor ini,” kata Herwan Antoni.

Herwan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu menyelesaikan longsor di Kecamatan Rimbo Pengadang, termasuk Pemerintah Kabupaten Lebong, TNI/Polri, dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kapolsek Rimbo Pengadang, Iptu Amir Lukman Hakim, menyatakan bahwa situasi di lokasi kejadian sudah terkendali meskipun perlu pengaturan ekstra untuk jalur lalu lintas dari Rejang Lebong ke Lebong dan sebaliknya.

“Arus lalu lintas Lebong – Rejang Lebong sudah dibuka, namun kita perlu mengatur lalu lintas dari Rimbo Pengadang ke Rejang Lebong (Curup) dan sebaliknya. Situasi sudah terkendali meskipun hujan sedikit,” tambahnya.(Adv)