Lonjakan Permohonan Sambungan Listrik Gratis Bengkulu, Ini Kata Kadis ESDM Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Sentralnews.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bengkulu, mengungkapkan bahwa program sambungan listrik gratis 2024 di daerah tersebut sedang dalam proses verifikasi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Namun, jumlah permohonan dari masyarakat melebihi kuota yang direncanakan.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana, menjelaskan bahwa proses inventarisasi telah dilakukan pada bulan Maret, diikuti dengan verifikasi pada bulan April, dan aksi baru akan dilakukan pada bulan Mei. “Saat ini sedang dilakukan verifikasi oleh pihak PLN,” ungkapnya.

Donni menambahkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap program ini sangat tinggi, dengan lebih dari 5.600 permohonan yang diajukan. “Kita kan minta bantuan dan cari formulasi lain untuk pendanaan,” tambahnya.

Meskipun rencana awal hanya mencakup 1.230 sambungan listrik (230 dari APBD dan 1.000 dari APBN), namun dengan jumlah permohonan yang melampaui ekspektasi, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mencari solusi untuk mengakomodir lebih banyak masyarakat.

Donni mengungkapkan bahwa kemungkinan ada penambahan kuota sambungan listrik gratis, terutama melalui APBD Perubahan. “Kita coba usulkan tambahan di APBDP sekitar 500-an sambungan baru,” jelasnya.

Setelah verifikasi oleh PLN selesai, pemasangan sambungan listrik kepada penerima bantuan akan segera direalisasikan. “Insya Allah di minggu kedua bulan Mei sudah mulai realisasinya. Kita saat ini masih menunggu proses verifikasi dari PLN, kalau sudah selesai langsung kita eksekusi,” tutup Donni.ADV