Dikroscek Tim Kecamatan, Pembangunan Irigasi Desa Suka Damai Dinilai Baik


Lebong, Sentralnews.com – Pelaksanaan pembangunan saluran irigasi tersier di Desa Suka Damai, Kecamatan Lebong Tengah, mendapatkan nilai cukup baik oleh Tim monitoring dan evaluasi Kecamatan setempat. Pekerjaan pembangunan fisik yang di nilai baik itu, sesuai dengan capaian progres pembangunan untuk memperlancar aliran air menuju areal persawahan milik warga setempat.

Progres pembangunan itu tentunya bisa memberikan manfaat dan dampak positif untuk proses pengairan bagi lahan persawahan milik warga di dusun 3 maupun sekitarnya.

Hal demikian disampaikan oleh Pjs Kades setempat yakni Gunawan Gustari, SE saat menerima tim evaluasi dari pihak Kecamatan setempat, Senin (20/05/2024).

“Alhamdulillah, pembangunan irigasi di Desa Suka Damai progresnya dinilai baik oleh pihak

Pemeriksaan berkas oleh Camat bertempat di Kantor Desa Suka Damai

Kecamatan. Tujuan pembangunan irigasi ini tentunya usulan dari masyarakat, kemudian Pembangunan irigasi ini juga, tentunya untuk memperbaiki proses pengairan bagi setiap lokasi sawah dan sejumlah kolam milik masyarakat setempat dan sekitarnya,” terang pjs di sela menerima kedatangan tim evaluasi Kecamatan.

Kemudian Gunadi juga mengatakan, jika pekerjaan fisik tahun anggaran 2024 yang direncanakan itu, akan dibangun bertahap.

 

Yang mana tahap 1 progres pembangunannya telah rampung dibangun sepanjang 150 Meter, dari total seluruh volume pekerjaan irigasi tersier sepanjang 305 Meter tersebut, berikutnya yang mana sisa pekerjaan itu nantinya, akan dilakukan peningkatan pembangunannya di tahap 2.

“Pemdes Suka Damai telah merampungkan pekerjaan fisik pembangunan irigasi tersier tahap 1 sepanjang 150 meter dengan lebar 40 cm, dan tinggi 20 cm dari total volume panjang pekerjaan 305 meter. Untuk sisa pekerjaannya pembangunan, itu akan dilanjutkan di tahap berikutnya,” imbuh Gunadi.

Selain itu lanjut Gunawan menambahkan, terkait soal anggaran yang sudah terserap atas pelaksanaan pekerjaan fisik itu yakni
Rp 114 Juta, dari total keseluruhan anggaran sebesar Rp 250 Juta.

“Dengan pekerjaan fisik yang sudah rampung ini, itu total anggaran yang sudah terserap, Rp 114 juta,” pungkas Gunawan.

Disisi lainnya Tomsil selaku Camat setempat dan juga selaku tim evaluasi dari pihak Kecamatan, saat melakukan Kroscek pada hari itu mengatakan, jika pekerjaan tersebut dinilai olehnya cukup baik dan progresnya sudah mencapai 45 Persen.

“Terkait Kroscek yang kami lakukan terkait pekerjaan fiisk irigasi tersier Desa Suka Damai ini, tentu hasil pembangunannya kami melihat cukup baik,” terang Tomsil.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa dengan rampungnya pekerjaan tersebut, tentu pihaknya memiliki beberapa cacatan yang nantinya akan ia sampaikan ke pihak Pemdes setempat, dengan tujuannya ia berharap agar pembangunan di Desa itu sesuai dengan rencana.

“Pekerjaan ini, progresnya sudah mencapai 45 Persen. Meski demikian kami lihat bahwa pekerjaan fisiknya tersebut cukup baik. Namun nantinya ada beberapa cacatan tetap akan kami sampaikan ke pihak Desa, baik itu mungkin secara pertanggungjawaban pekerjaan fisik, ataupun mungkin juga secara administrasi juga,” pungkas Tomsil.

Terpantau di lokasi saat pelaksanaan evaluasi dan monitoring tersebut, turut Hadir Pjs setempat, segenap perangkat Desa Suka Damai, pendamping desa, TPK, Camat beserta tim Evaluasi Kecamatan, dan anggota BPD Suka Damai.