Pemdes Kampung Muara Aman, Beri Bantuan 1000 Ekor Ayam ke 500 KK

Lebong, Sentralnews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Kampung Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, beri bantuan berupa Ayam kepada 500 Kepala Keluarga (KK) untuk dibudidayakan, Kamis (6/6/2024).

Dalam rangka pemberian unggas jenis Ayam kampung tersebut, yakni bagian dari ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 sebesar 20 persen.

Selain Ayam, Pemdes setempat juga memberikan berupa pakan jagung alus dan konsentrat, masing-masing penerima mendapatkan 6 Kg, hal tersebut disampaikan oleh Orbit Bijaksana selaku Pjs setempat.

“20 persen Ketahanan pangan ini, Pemdes Kampung Muara Aman memberikan Ayam serta pakan. Untuk setiap KK itu dapat 4 ekor ayam,” ujar Orbit.

Selain itu, Orbit juga mengatakan jika pembagian Ayam tersebut itu, telah berjalan dua kali. Yang mana dikatakan olehnya, pada gelombang pertama yang direalisasikan pada beberapa waktu lalu, itu ada 400 ekor ayam untuk 200 KK yang sudah diberikan, dan kemudian periode kedua sebanyak 600 ekor untuk 300 KK.

“Ini sudah yang kedua kalinya kita bagikan, pertama itu setiap KK nya kita berikan 2 ekor Ayam, kemudian gelombang kedua ini juga kita berikan 2 ekor Ayam serta pakan, jadi totalnya setiap KK yang dapat itu ada 4 ekor Ayam,” terang Orbit.

Kemudian Orbit juga menambahkan, jika Pemdes setempat telah menyiapkan tak kurang dari 1000 ekor Ayam. Yang mana diketahui tujuannya diberikan kepada setiap KK, tak lain dengan harapan dan tujuannya ialah agar setiap KK yang dapat bantuan berupa Ayam itu, bisa mandiri dalam budidaya peternakan dan pengembangbiakan.

“Semoga Ayam yang sudah kita berikan itu, kelaknya bisa dikembangbiakkan, dan tentunya merupakan upaya agar setiap warga kita bisa mandiri dan berkemajuan,” pungkas Orbit.

Terpantau saat pembagian Ayam tersebut, turut hadir Pjs setempat, perwakilan dari pihak Kecamatan Lebong Utara, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, segenap perangkat Desa, pendamping Desa, serta warga yang mendapatkan bantuan Ayam. (FR)