Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UPT Bengkulu Lakukan Penghijauan di Kawasan Hutan Konservasi TWA Danau Tes

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UPT Bengkulu Lakukan Penghijauan di Kawasan Hutan Konservasi TWA Danau Tes

Lebong, Sentralnews.com – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT PLN (Persero) UPT Bengkulu menggandeng BKSDA Bengkulu Resort TWA Danau Tes dan Kelompok Tani Mitra BKSDA melakukan penanaman pohon di Kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Danau Tes, Desa Sukasari, Kel. Tes, Kec. Lebong Selatan, Bengkulu.

Dalam pelaksanaanya, bantuan bibit pohon diserahkan oleh perwakilan manajemen PLN UPT Bengkulu, Bapak Sartoni kepada Yanis Mansyuri selaku kepala BKSDA Resort TWA Danau Tes. Penanaman pohon yang dilakukan pada lahan seluas lebih kurang 2 hektar diharapkan dapat memberikan manfaat dan produktivitas bagi masyarakat di Desa Sukasari.

“PLN UPT Bengkulu menyerahkan sebanyak 500 bibit pohon pinus, 50 bibit pohon durian dan 50 bibit pohon alpukat untuk mendorong terciptanya ruang hijau dan menjaga ekosistem di kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Danau Tes. Selain itu, kami juga berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar di Desa Sukasari,” ungkap Sartoni.

Sartoni juga menyampaikan kegiatan penghijauan ini dapat menguatkan kerjasama yang telah dibangun oleh PLN bersama para stakeholder,terutama BKSDA Resort TWA Danau Tes dan Kelompok Tani sekitar.

“Kegiatan semacam ini memang rutin kami gelar khususnya bersama para _stakeholder_ kami. Kali ini kami berkesempatan untuk berkolaborasi dengan BKSDA dan Kelompok Tani sekitar Danau Tes. Kami meyakini kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh pihak, utamanya PLN dalam menjaga keandalan jalur transmisi SUTT 70 kV segmen Tes–Pekalongan yang kebetulan berada tidak terlalu jauh dari lokasi penanaman,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Yanis Mansuri dan perwakilan Kelompok Tani Mitra BKSDA juga menyampaikan apresiasi atas bantuan yang terah diberikan dan berharap kerjasama ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan.

“Kami sampaikan terima kasih atas dukungan PLN dalam turut serta menjaga ekosistem lingkungan. Tentunya bantuan bibit pohon ini akan sangat berarti bagi kami dan kelompok tani di sini. Kami berharap juga kepada kelompok tani untuk berkomitmen menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam hingga nanti mampu menghasilkan maksimal. Kepada PLN juga kami berharap akan semakin banyak lagi bantuan-bantuan serupa mengingat masih banyak lahan yang butuh untuk dihijaukan kembali,” pungkas Yanis.