Subsidi Rp2 Miliar untuk BLK Bengkulu Diharapkan Meningkatkan Kualitas Pelatihan dan Mengurangi Angka Pengangguran

Bengkulu , Sentralnews.com – Enam Balai Latihan Kerja (BLK) di Provinsi Bengkulu menerima subsidi Rp2 miliar dari pemerintah untuk mendukung kerja, fasilitator, dan sarana prasarana pelatihan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Jauhari, berharap subsidi ini dapat meningkatkan kualitas pelatihan dan mengurangi angka kemiskinan yang mencapai 37 ribu orang di Bengkulu.

“Pemerintah berharap subsidi ini dapat meningkatkan kualitas pelatihan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bekerja,” ujar Jauhari, Kamis (13/6/24).

Subsidi ini akan dibagikan sesuai kebutuhan kepada enam BLK di Bengkulu untuk mengembangkan keterampilan seperti menjahit, teknik komputer, tata boga, dan tata rias. Sertifikat pelatihan dapat digunakan untuk mendaftar pekerjaan.

Rata-rata BLK di Bengkulu telah memfasilitasi 1.300 pencari kerja. Jauhari berharap subsidi ini dapat memberdayakan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Bengkulu.

“BLK harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelatihannya agar menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bekerja,” ujar Jauhari.

Jauhari juga menghimbau masyarakat Bengkulu untuk memanfaatkan pelatihan yang disediakan oleh BLK. “Pelatihan di BLK ini gratis dan terbuka untuk umum. Masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya dapat mendaftar di BLK terdekat,” ujarnya.(Adv)