Pemerintah Provinsi Bengkulu Terus Pacu Penurunan Kemiskinan Ekstrem dengan Kolaborasi Intensif

Bengkulu, Sentralnews.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Pemerintah Daerah kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait terus mengintensifkan upaya untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut. Upaya ini dikoordinasikan melalui rapat lintas sektor yang melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS) Bengkulu, PLN, Baznas, LazisNU, LazisMU, P3MD, dan Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH).

“Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, R. A Denny, menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini sangat penting untuk menyamakan visi dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem sesuai arahan negara,” kata Denny usai membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Provinsi Bengkulu Tahun 2024, di salah satu hotel di Kota Bengkulu, Kamis (5/7).

Menurut data BPS Provinsi Bengkulu, dalam tiga tahun terakhir, angka kemiskinan ekstrem di wilayah ini mengalami penurunan signifikan. Pada tahun 2021, angka kemiskinan ekstrem mencapai 3,72 persen, turun menjadi 3,61 persen pada tahun 2022, dan terus menurun menjadi 2,08 persen pada tahun 2023.

Sementara itu, pada Maret 2024, angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu turun sebesar 0,48 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, saat ini mencatatkan angka 13,56 persen.

“Dalam beberapa tahun terakhir, upaya kami telah membuahkan hasil. Program-program yang kami terapkan berhasil menurunkan angka kemiskinan secara signifikan meskipun masih di atas angka nasional,” tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Yuliswani, menegaskan bahwa strategi yang disiapkan untuk mengatasi kemiskinan termasuk mengurangi pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan pendapatan mereka, serta mengatasi fokus pada daerah-daerah yang masih terpinggirkan.

“Kami perlu memastikan bahwa data dan target yang disampaikan kepada semua pihak adalah konsisten, sehingga langkah-langkah yang diambil dapat mencapai hasil yang maksimal,” jelasnya.

Upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu terus ditingkatkan dengan harapan pencapaian yang lebih baik di masa depan.ADV