Pengajian Muslimah Dambaan Perwujudan Kabupaten Sergai yang Religius

Serdang Bedagai, Sentralnews.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Pengajian akbar Majelis Taklim Muslimah Dambaan (MTMD) kerap melakukan pengajian yang digelar secara bergilir diberberapa daerah se- Kabupaten Sergai.

Bahkan dalam pengajian ini pernah dirangkai dengan tabligh akbar yang mengundang penceramah kondang dari ibu kota Jakarta, seperti Ustadzah Oki Setiana Dewi, Ustadz Das,ad Latif, Gus Muwafiq dan lainnya yang dihelat di Objek Wisata Pantai maupun Masjid Agung Sergai serta beberapa tempat lainnya di Kabupaten Sergai.

Ketua MTMD Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menyebut jika pengajian yang digelar oleh MTMD di berbagai daerah se-Sergai ini bertujuan untuk menjalin ukwah islamiyah dan meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Tak dapat dipungkiri hadirnya kegiatan pengajian seperti ini tentunya membawa warna tersendiri bagi para jamaahnya. Kegiatan pengajian ini bisa menjadi wadah sekaligus kesempatan bagi para jamaah untuk meningkatkan keimanan, pengetahuan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dan yang lebih penting lagi para ibu sesame jamaah bias saling bersilaturahmi dan menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan agama sehingga senantiasa dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam berbagai kesempatan saat pengajian, Hj. Romaida Saragih mengapresiasi jamaah yang didominasi para Ibu yang hadir dalam kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak terkait yang telah berupaya menyukseskan kegiatan yang diselenggarakan di seluruh kecamatan se-Sergai.

“ Saya sangat berterimaksih kepada seluruh jamaah muslimah Dambaan yang telah aktif mengikuti pengajian seperti ini. Ini merupakan agenda rutin yang kita ikuti bersama. Semoga apa yang kita kerjakan disetiap pengajian ini akan membawa kebaikan pada diri kita masing-masing,” harap Hj Rosmaida Saragih.

Harapan yang samaq juga disampaikan oleh Ny Aini Zetara Adlin Tambunan saat menghadiri Majelis Taklim Muslimah Dambaan. “ Kami berharap para muslimah tetap antusias untuk mengikuti kegiatan ini, apalagi pengajian ini sering mendatangkan penceramah dan dirangkai dengan kegiatan lain seperti pasar murah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat,” ujarnya.

Antusias dan kemeriahannya dari para muslimah kian bertambah dengan adanya hadiah Ibadah Umroh bagi yang beruntung. Tentunya ini merupakan .bentuk apresiasi Pemkab Sergai kepada jamaah yang aktif dan bersemangat dalam mengikuti pengajian,” tambahnya.

Bupati Sergai Darma Wijaya yang kerap ikut dalam pengajian Majelis Taklim Muslimah Dambaan dan bertatap muka dengan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat. Selain untuk menyerap informasi yang ada di desa-desa, momen pengajian seperti ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan capaian pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan oleh Pemkab Sergai, terutama pada sektor infrastruktur di Kabupaten Sergai.

“Hal ini menjadi harapan kita bersama bahwa kegiatan religi seperti ini aktif dilaksanakan, sehingga silaturahmi antar umat Islam yang makin erat dan kegiatan ini akan menjadi bagian dari upaya mewujudkan salah satu visi Sergai yang religius.,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan bahwa Pemkab Sergai telah melaksanakan program optimalisasi zakat dan infaq yang bersumber dari penghasilan ASN yang beragama islam, berupa zakat profesi yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sergai. Zakat ini diberikan kepada penerimanya dan telah disalurkan kepada fakir miskin, fisabilillah (bilal mayit, guru mengaji), dan bedah rumah tidak layak huni.

“ Zakat dan infaq yang akan diberikan bila dilihat mungkin nilainya tidaklah seberapa. Namun niat baik ini dapatlah kita maknakan sebagai upaya untuk membuktikan bahwa Pemkab Sergai peduli kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Terkait mewujudkan visi misi, Kabupaten Sergai juga menggagas program tujuh prioritas pembangunan daerah tahun 2021-2026 yang disebut dengan SAPDA atau Sapta Dambaan, tukasnya.

Program-program yang telah kita rumuskan tersebut, saat ini sudah dan sedang dilaksanakan. Saya berharap seluruh hasil pembangunan, baik fisik dan non-fisik, dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita harus jaga agar kemanfaatanya dapat terus dinikmati untuk masa-masa yang akan datang, papar Bupati.

“ Diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Sergai baik dalam proses perencanaan, proses pembangunan, serta dalam pemanfaatan hasil pembangunan.Tanpa dukungan masyarakat saya yakin, proses pembangunan tidak akan berjalan dengan baik,” kata Bupati.

“Selain pengajian ini, tentunya banyak lagi program dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendukung tercapainya nilai religius di kabupaten yang kita cintai ini. Untuk itulah diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat, baik dalam proses perencanaan, proses zakat, dan infaq yang akan diberikan,” ujarnya lagi.

Serupa dengan Bupati, Wabup Sergai H Adlin Tambunan saat menghadiri pengajian di beberapa daerah mengajak semua jamaah yang hadir untuk dapat terus meningkatkan silaturahmi antara umat Islam sehingga terjalin ukhwah islamiyah yang semakin baik.

“Silaturahmi mempunyai nilai lebih, di antaranya dapat memanjangkan usia dan melapangkan rezeki. Kita selalu berharap mudah-mudahan silaturahmi Majelis Taklim Muslimah Dambaan hari ini di samping dapat mendatangkan rahmat dan barokah dari Allah SWT, juga benar-benar dapat memanjangkan usia, melapangkan rezeki, dan memperkokoh Ukhuwah Islamiyah di antara kita semua,” kata Wabup Adlin.

Baik Bupati maupun Wabup Sergai, keduanya menegaskan komitmennya dalam menggenjot pembangunan infrastruktur di masa kepemimpinanya yang tergolong singkat. Meskipun begitu, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Menurutnya, pembangunan yang baik jika tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat untuk merawat, maka hasilnya akan sia-sia.

“Mari kita perkuat kepedulian kita terhadap infrastruktur yang sudah dibangun. Jadikan itu seperti kepunyaan kita sendiri, yang kita jaga dan rawat sebaik-baiknya, karena pada akhirnya manfaat jangka panjang dari hasil pembangunan yang dijaga dengan baik adalah sebesar-besarnya untuk kepentingan kita juga,” ucap Wabup Adlin dalam sebuah kesempatan.