Pawai Budaya Dan P5 Diusung SMAN 1 Ngronggot Meriahkan Peringatan HUT Ke-79 RI

Nganjuk, Sentralnews.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-79, SMAN 1 Ngronggot menyelengarakan pawai budaya sekaligus pameran hasil karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Bhineka Tunggal Ika, Keberagaman menyatukan Indonesia yang merupakan perwujudan Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global serta Gotong Royong, Kamis ( 29/08/2024).

Dengan tema Bhinneka Tunggal Ika, 819 siswa-siswi dari 23 kelas di SMA Negeri 1 Ngronggot menyelengarakan kegiatan pawai budaya dengan mengenakan beragam pakaian adat yang ada, “Kegiatan pawai budaya sendiri bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan siswa-siswi, meningkatkan jiwa patriotisme anak dan  meningkatkan karakter profil pelajar pancasila.

Dalam sambutannya Eko Aprianto, S.Pd.,Gr menyampaikan bahwa, Pawai budaya ini sebagai implementasi dari Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek,” tuturnya.

“Dengan tema Bhinneka tunggal Ika, siswa-siswi SMA Negeri 1 Ngronggot agar lebih meningkatkan pengetahuannya karena negara kita punya beberapa suku, bahasa, adat dan agama,” jelasnya.

Diharapkan para siswa punya wawasan kebangsaan yang luas tentang Indonesia seutuhnya dengan berbagai macam perbedaan suku bangsa dan memiliki karakter yang menjiwai sila-sila dalam pancasila. Dalam acara tersebut menjelaskan tentang suku budaya, agama, makanan daerah dan pakaian adat yang ada di Indonesia,” tuntasnya.

Pewarta: Prabowo.