Pelatihan Copywriting Iklan Bagi UMKM Gitar Braveleen di Desa Gedongan, Sukoharjo

Jawa Tengah, Sentralnews.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melakukan pelatihan copywriting iklan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Gedongan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo pada hari Kamis, 15 Agustus 2024.

Program pelatihan copywriting dilakukan oleh Heriffa Adibah Kamalia, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro, guna memasarkan produk UMKM di desa tersebut. Salah satu UMKM yang belum optimal dari segi branding adalah produksi Gitar Braveleen yang ada di Desa Gedongan.

Proses pelatihan ini dimulai pada Kamis, 18 Juli 2024, dengan melihat proses pembuatan gitar, mendata produk-produk, serta mendata akun yang bisa digunakan dalam pembuatan sosial media sebagai media iklan.

“Iya jadi ini Braveleen sudah punya izin usaha dan lain sebagainya, tapi kalo branding memang susah karena saya juga menjalankan usaha sendiri. Dari produksi, finishing, pendataan produk, input stok ke online shop, dan iklan,” ucap Debi selaku produsen Gitar Braveleen.

Debi juga menyampaikan bahwa ia kesulitan untuk membuat konten iklan sehingga minta dibantu untuk tata cara pembuatan iklan di sosial media. Selain itu, penggunaan aplikasi Canva sebagai media pengeditan juga diberikan dalam pelatihan tersebut.

Adibah membuat berbagai tagline yang dapat digunakan dalam konten-konten yang akan dibuat oleh Debi. Adapun pembuatan situs khusus Gitar Braveleen yang diharapkan memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk melihat profil maupun berbagai produk dari Gitar Braveleen itu sendiri.

Pelatihan copywriting diadakan dengan maksud memberikan ilmu serta membantu Debi selaku pengusaha Gitar Braveleen. Dengan adanya pelatihan ini, Debi mengapresiasi serta merasa senang karena telah dibantu untuk memulai pembuatan konten dan saran-saran kepenulisan dalam periklanan.