Pemkab Lebong Terima Penghargaan UHC Award, Langsung Dari Wapres RI

Lebong, Sentralnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan tersebut itu langsung diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin.

Yang mana diketahui, penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Lebong yakni Kopli Ansori, di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur, pada Kamis (08/08/2024).

Penghargaan UHC yang diberikan kepada Kabupaten Lebong itu, ialah dalam rangka untuk mendukung penyelenggaraan atas realisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sehingga sampai saat ini, diketahui jika keikutsertaan menjadi peserta di Kabupaten Lebong hampir mencapai 100 persen, dengan 75 persen kepesertaan tercatat aktif.

“Syukur Alhamdulillah, kita sudah menerima pengharapan UHC dari Wakil Presiden pagi tadi,” terang Bupati.

Kopli juga mengatakan, meskipun kepesertaan sudah 100 persen, namun untuk keaktifan masih di angka 75 persen.

Sehingga, artinya masih ada 25 persen masyarakat yang sudah terdaftar dalam kepesertaan BPJS, namun belum aktif dan masuk sebagai peserta UHC Kabupaten Lebong.

“Tentunya, untuk proses pengaktifan itu sendiri, saat ini masih berlangsung. Terutamanya dalam sekala prioritas bagi masyarakat yang mau berobat,” singkat Kopli

Untuk diketahui, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) adalah bentuk pengakuan yang diberikan kepada Daerah atau entitas yang telah mencapai atau menunjukkan komitmen yang kuat terhadap penyediaan layanan kesehatan yang komprehensif dan terjangkau bagi semua warganya.

UHC adalah tujuan global yang dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan menjadi salah satu target dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Penghargaan ini juga diketahui untuk mendorong negara-negara dan daerah, untuk terus meningkatkan sistem kesehatan mereka, dan bekerja menuju pencapaian cakupan kesehatan universal, sebagai bagian dari komitmen Global untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan semua orang.

Kemudian, Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) ini juga, merupakan Sistem Penjaminan Kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi, bisa memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif, sehingga bermutu dengan biaya yang terjangkau. (Rilis/FR)