PLN Implementasikan Hasil Karya Inovasi Guna Tingkatkan Keandalan Penyaluran Tenaga Listrik

Lubuklinggau, Sentralnews.com – PT PLN (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu dan keandalan kelistrikan di Indonesia dengan melakukan inovasi terbaru berupa pemasangan Anti Benda Asing untuk Disconnecting Switch (ABA DS) 275 kV.

Inovasi ini diinisiasi oleh Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) PLN UPT Bengkulu. ABA DS 275 kV merupakan sistem inovatif yang dirancang untuk meningkatkan keandalan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 kV dengan mencegah gangguan yang disebabkan oleh benda asing, terutama sarang burung dan layang-layang.

Inovasi ini telah terpasang pada dua GITET yang berada di bawah naungan PLN UPT Bengkulu dan hingga kini terbukti efektif dalam menjaga stabilitas pasokan listrik. Yang terkini, pemasangan ABA DS 275 kV dilakukan di GITET 275 kV Lubuk Linggau Bay Bangko 2.

Pelaksanan pekerjaan ini dikawal langsung dengan tanggung jawab penuh oleh Assistant Manager PDKB PLN UPT Bengkulu, Rachmad Fajar. Kali ini ada sebanyak empat set ABA DS telah berhasil dipasang di lokasi tersebut. Fajar mengungkapkan bahwa implementasi inovasi dari timnya sangat membantu operasional PLN pada GITET.

*Ket. Foto:* Pemasangan Inovasi ABA DS 275 kV pada Instalasi Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET)

“Secara keseluruhan, total 18 set ABA DS telah terpasang di dua lokasi, yaitu GITET 275 kV Lubuk Linggau dan GITET 275 kV Lahat, sejak implementasi pertama kali pada Maret 2023 silam. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan keandalan sistem kelistrikan, tetapi juga mengurangi risiko gangguan yang dapat berdampak pada masyarakat luas”, ujar Fajar.

Yang lebih membanggakan, inovasi ABA DS 275 kV ini telah lolos Seleksi Penghargaan Karya Inovasi XXVII 2024 internal PLN UIP3B Sumatera pada Mei 2024 lalu. Hal ini menegaskan kualitas dan efektivitas dari solusi ini dalam meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik.

Pada kesempatan berbeda, Manager PLN UPT Bengkulu, Teguh Dwi Rahmansyah, selaku pembina inovasi PLN UPT Bengkulu menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada para inovator PLN.

“ABA DS 275 kV ini merupakan salah satu bukti bahwa para insan PLN mampu berpikir out of the box, melahirkan inovasi dalam menyempurnakan sistem penyaluran tenaga listrik. Kami terus mendorong dan mengajak semua lini di tubuh PLN untuk menciptakan karya-karya inovasi yang mampu memberikan nilai tambah bagi PLN, dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi layanan PLN untuk masyarakat”, ungkap Teguh.

Selain ABA DS 275 kV, PLN UPT Bengkulu juga telah melahirkan dua inovasi lainnya yaitu TEN FOR DS (Tensioner for Double Safety)dan THERMOBUS (Thermovision Cublicle Ultimate System), dimana untuk TEN FOR DS saat ini akan berjuang pada tahap presentasi di ajang Seleksi Penghargaan Karya Inovasi XXVII 2024 tingkat nasional.

“Partisipasi inovasi PLN UPT Bengkulu ini diharapkan akan membawa manfaat yang lebih luas, sehingga dapat diimplementasikan di seluruh unit PLN se-Indonesia”, imbuh Teguh.