Ingatkan Masyarakat Manfaat dan Bahaya Listrik, PLN Berikan Edukasi di Talkshow Radio Dempo 98.5 FM

Pagar Alam, Sentralnews.com – PLN UPT Bengkulu menyelenggarakan talkshow edukatif bertajuk “Manfaat dan Bahaya Listrik di Masyarakat” di Radio Dempo 98.5 FM pada Jumat (20/9). Acara ini berlangsung pada pukul 19:00 WIB dan berhasil menarik perhatian pendengar dari berbagai kalangan.

Talkshow ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan listrik dengan aman dan apa saja bahaya yang mungkin terjadi, terutama terkait Saluran Udara Tegangan Tinggi/Esktra Tinggi (SUTT/SUTET) yang sering ditemui di lingkungan sekitar.

Hal ini selaras dengan arahan General Manager PLN UIP3B Sumatera, Daniel Elliawardana, yang menyampaikan bahwa setiap unit kerja UIP3B Sumatera harus memberikan edukasi mengenai kelistrikan kepada masyarakat untuk memberikan keamanan kepada masyarakat dan menjaga keandalan kelistrikan PLN.

“Kami berharap melalui media talkshow ini, PLN dapat membangun komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat, serta memastikan penyaluran tenaga listrik yang aman dan andal,” imbuh Daniel.

Selama acara, Team Leader Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan PLN ULTG Lahat, Rizki Fadli, menjelaskan tentang ruang bebas dan jarak aman di sekitar SUTT/SUTET.

“Masyarakat perlu dan penting untuk memahami konsep ruang bebas, yaitu area di sekitar tower listrik tegangan tinggi yang harus dijaga agar tidak ada aktivitas atau benda yang melanggar jarak aman. Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2015 , jarak aman minimum dari SUTT adalah 3m, sedangkan SUTET adalah 6m. Melanggar jarak aman ini dapat menyebabkan risiko kecelakaan listrik seperti tersengat listrik atau kebakaran,” jelas Rizki.

Selain itu, salah satu tim pemeliharaan PLN ULTG Lahat, Muhammad Alvin, menambahkan informasi penting tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sekitar instalasi listrik.

“Area di sekitar SUTT/SUTET harus bersih dari hal-hal yang bisa mengganggu, seperti pohon, bangunan tinggi atau kegiatan masyarakat di sekitar jaringan yang dapat membahayakan mereka dan mengganggu aliran tenaga listrik,” tambah Alvin.

Pada kesempatan berbeda, Manager PLN UPT Bengkulu, Teguh Dwi Rahmansyah, berharap talkshow ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan listrik dengan aman dan bertanggung jawab.

“Dengan pengetahuan yang tepat, masyarakat diharapkan bisa menikmati manfaat listrik tanpa mengabaikan keselamatan,” ungkap Teguh.

PLN selalu berkomitmen untuk melaksanakan program-program edukatif yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal keselamatan penggunaan listrik.