Dorong Produksi Sentral Pertanian, Pemdes Puding Tingkatkan Kualitas Jalan

SentralNews, Bengkulu Selatan – Pemerintah Desa Puding Kecamatan Pino Bengkulu Selatan berhasil menyelesaikan kegiatan fisik berupa peningkatan jalan lingkungan desa sepanjang 490 meter. Sebelumnya jalan tersebut baru pembukaan badan jalan, namun dikepemimpinan Kepala Desa (Kades) Yayan, jalan tersebut ditingkatkan menjadi jalan berpasir dan berbatu (Sitru).

“Jalan sepanjang 490 meter sudah selesai kita kerjakan ditahun ini, dengan sudah ditingkatkan menjadi Sitru mudah-mudahan tidak ada kendala lagi seperti berlumpur dan berair saat dilewati kendaraan. Dengan begitu masyarakat khususnya Desa Puding dapat lebih lancar saat membawa hasil pertanian,” kata Kades Puding Yayan usai melakukan serahterima kegiatan fisik kepada masyarakat, Kamis (03/09/2024).

Disampaikan Yayan, meski anggaran yang cukup minim yakni sebesarRp 85 juta saja namun berkat dukungan serta kegigihan masyarakat Desa Puding peningkatan jalan tersebut berjalan sesuai dengan harapan bersama.

Disamping itu, sebelum kegiatan fisik diserahterimakan beberapa waktu lalu juga dilakukan sertifikasi oleh tenaga ahli guna memastikan kegiatan tersebut sesuai dengan ketentuan.

“Semua berjalan lancar hingga selesainya kegiatan, untuk itu hari ini kita lakukan serahterima kegiatan fisik, dengan demikian jalan tersebut dapat digunakan oleh semua masyarakat khususnya warga Desa Puding,” ujar Yayan.

Sementara itu, Camat Pino Surahman yang ikut hadir dalam kegiatan itu menuturkan, setelah selesai diserahterimakan jalan tersebut menjadi aset desa dan itu adalah tanggungjawab kita semua untuk memeliharanya.

“Saya yakin jalan ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi jalan tersebut salah satu perluasan desa, sebab saat ini perluasan desa semakin sempit ditambah masyarakat terus bertambah. Pesan saya jagalah setiap aset desa yang ada,” tutupnya. [adv]